Hanoi (ANTARA) - Perenang sirip Janis Rosalita Suprianto kembali menambah perolehan medali emas cabang olahraga renang sirip (fin swimming) SEA Games 2021 pada nomor Womens 50 Meter Surface.

Pada perlombaan di Aquatic Sports Palace, My Dinh Stadium, Hanoi, Minggu malam, Janis mencatatkan waktu tercepat, yakni 18,249 detik.

Medali perak dan perunggu untuk nomor tersebut masing-masing diraih Thi Thu Pam dan Thi Thao Nguyen dari Vietnam.

Janis mengaku persaingan yang dihadapi sangat ketat, terutama dari wakil tuan rumah yang persiapannya lebih matang.

"Persaingan cukup ketat. Atlet Vietnam kuat-kuat. Persiapan mereka lebih mateng dari kita. Kita persiapan kurang dari dua bulan," katanya.

Baca juga: Jadwal SEA Games 2021 -Renang sirip kembali perebutkan enam emas

Bagi Janis, perlombaan renang sirip se-Asia Tenggara kali ini merupakan SEA Games keduanya setelah SEA Games 2011 Jakarta-Palembang, Indonesia.

"Setelah SEA Games 2011 di Jakarta kan 'fin swimming' enggak ada lagi (di SEA Games selanjutnya). Sekarang di Vietnam ada (dilombakan) lagi," katanya.

Perolehan medali renang sirip Indonesia pada laga pamungkas SEA Games ini adalah 1 emas, 3 perak, dan 2 perunggu.

Sebelumnya, Harvey Hubert Marcello Hutasuhut meraih medali emas di nomor Mens 100 Meter Bi Fins dengan mencatatkan waktu tercepat, yakni 43,510 detik.

Medali emas kedua diraih pada nomor Womens Relay 4x200 Meter Surface yang menurunkan empat perenang, yakni Katherina Eda Rahayu, Vania Elvira Elent Ramadhani, Andhinu Muthia Maulida, dan Janis Rosalita Suprianto.

Hingga saat ini, tim renang sirip telah mengoleksi 3 medali emas, 6 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Baca juga: Renang sirip rebut dua medali emas

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022