London (ANTARA News) - Sekitar 400 warga Indonesia di Munchen, Jerman menyelenggarakan perayaan Natal yang bertema "Wo bist du? Dimanakah Engkau Berada ?" bertempat di Konzerthalle an der Quiddestrasse, Munchen, Jerman.

Pelaksana fungsi Pensosbud KJRI Frankfurt, Ernest Hadinoto kepada koresponden Antara London, Selasa mengatakan acara natal kali ini diselenggarakan secara bersama berbagai organisasi masyarakat Indonesia yaitu Indonesia Munchen e.V. dan Swadaya Indonesia Munchen e.V.

Perayaan yang didukung KJRI Frankfurt juga diikuti para pelajar Indonesia di Jerman yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia- Munchen (PPI), Jemaat Indonesia Munchen (JIM), Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia-Munchen (KMKI), Persekutuan Reformed Injili Indonesia (PRII).

Suasana yang khidmat dan penuh sukacita mewarnai ibadah Natal Bersama yang pertama kali dilakukan sepanjang keberadaan masyarakat Indonesia di Munchen. Kekhidmatan dirasakan ketika dilangsungkan doa, pujian bersama serta khotbah yang disampaikan oleh para pendeta.

Selain do`a, ibadah Natal juga diisi dengan pesan Natal dari Konsul Jenderal RI di Frankfurt, Damos Dumoli Agusman dalam sambutannya menyatakan tema yang dipilih pada perayaan Natal Bersama di Munchen yaitu "Dimanakah Engkau Berada ?" adalah sebagai cerminan pentingnya kebersamaan dan kerukunan diantara seluruh elemen masyarakat Indonesia di Jerman, yang berada jauh dari tanah air.

Tema tersebut juga memaknai pelayanan yang diberikan oleh KJRI Frankfurt dengan senantiasa mendatangi masyarakat Indonesia yang memerlukan bantuan kekonsuleran, ujarnya.

Dala kesempatan itu Konjen menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk mewujudkan acara tersebut dan atas kebersamaan yang ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia di Munchen dan sekitarnya.

Sebagai ucapan syukur indahnya kebersamaan pada malam tersebut, Konjen Damos beserta istri menyumbangkan lagu "Desaku yang Kucinta" yang diikuti seluruh tamu yang hadir.

Ia juga mengajak para hadirin untuk turut beramal dengan memberikan sumbangan yang dikumpulkan oleh panitia bagi Yayasan Panti Asuhan Pelangi yang membantu anak-anak yatim piatu di Flores.

Rangkaian berikutnya Perayaan Natal Bersama adalah Warung Konsuler yang digelar KJRI Frankfurt dalam rangka memberikan pelayanan konsuler bagi warga Indonesia di wilayah Munchen dan sekitarnya serta sosialisasi UU Imigrasi dan Perkawinan Campur dengan nara sumber fungsi Konsuler KJRI Frankfurt dan pengacara dari Jerman.

Pada malam harinya, diselenggarakan acara Malam Indonesia dengan tema "Nuansa Merah Putih" yang dibawakan oleh mahasiswa Indonesia yang berasal dari berbagai gereja.

Acara turut diisi dengan berbagai tarian tradisional Indonesia dan orkestra Angklung. Selain itu, ditampilkan pula Fashion Show bernuansa Batik modern. Pada acara Malam Indonesia ini, tamu yang hadir tidak saja warga Indonesia, namun juga warga Jerman. Kemeriahan acara perayaan Natal Bersama ditutup dengan makan malam dan bersilaturahmi diantara warga Indonesia. (ZG)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011