Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran ingin membangun universitas di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito untuk menunjang pembangunan sumber daya manusia (SDM) dengan mengoptimalkan sektor pendidikan.
 
"Untuk mewujudkannya diperlukan kolaborasi antara pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten di wilayah DAS Barito serta pihak lainnya. Kami meminta para kepala daerah di DAS Barito agar menyiapkan lahan untuk pembangunan universitas ini nantinya," kata Sugianto di Palangka Raya, Senin.
 
DAS Barito di Kalteng terdiri atas empat kabupaten, yakni Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, dan Murung Raya. Pembangunan universitas di DAS Barito dinilai strategis dan sangat diperlukan masyarakat.

Baca juga: Pemprov Kalteng dorong swasta terlibat kembangkan perpustakaan desa
 
Sugianto ingin universitas yang dibangun benar-benar memadai lengkap dengan sarana prasarananya, sehingga generasi muda khususnya DAS Barito tidak lagi harus ke luar Kalteng untuk melanjutkan pendidikan.
 
"Selama ini orang Kalteng banyak yang kuliah di Banjarmasin maupun provinsi lain, harapan kita bagaimana orang luar yang kuliah ke Kalteng," katanya.
 
Ia menjelaskan, hal ini akan segera ditindaklanjuti bersama para bupati sehingga diharapkan bisa dimulai pembangunannya pada 2023 mendatang. Adapun untuk skema pendanaannya akan dikoordinasikan dan dirumuskan bersama.

Baca juga: Pemprov Kalteng kucurkan Rp637 juta sukseskan prakerin SMK
 
Sementara itu pada puncak peringatan Hari Jadi Ke-65 Kalteng, dia juga menyampaikan bahwa pemprov terus berbenah, sehingga maju secara signifikan pada sejumlah sektor pembangunan.
 
Kalteng sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki kesempatan dan peluang dari pengembangan pembangunan IKN tersebut. Oleh karena itu, masyarakat harus mampu bersaing dan jangan hanya menjadi penonton saja.
 
"SDM unggul dan profesional harus benar-benar dipersiapkan, melalui peningkatan kualitas pendidikan, dengan menjalin kerja sama dan sinergi, serta komunikasi yang baik antarpemangku kepentingan," ucapnya.

Baca juga: IKN jadi momentum penting bagi pembangunan Kalteng

Peringatan Hari Jadi Kalteng ini mengambil tema “Sumber Daya Manusia Bangkit, Kalimantan Tengah BerAKHLAK Penuh dengan KeBERKAHan“, mengandung makna bagi seluruh komponen masyarakat untuk bangkit setelah dua tahun lebih melawan COVID-19 dan kembali memantapkan komitmen menyukseskan pembangunan daerah.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022