Kemenperin perkenalkan AMMDes penangan bencana di ajang internasional

Kemenperin perkenalkan AMMDes penangan bencana di ajang internasional

Kementerian Perindustrian memfasilitasi dua unit AMMDes tampil pada ajang Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) 2022 di Nusa Dua, Bali, yaitu AMMDes Penjernih Air dan AMMDes Pengumpan Ambulans. (ANTARA/ HO Biro Humas Kementerian Perindustrian)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) proaktif memperkenalkan produk-produk industri dalam negeri yang berdaya saing kepada masyarakat dunia, salah satunya Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang tampil di Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) 2022 di Nusa Dua Bali, selama 23-28 Mei 2022.

“Salah satu produk karya anak bangsa yang cukup membanggakan adalah AMMDes. Produk lokal yang inovatif dan kompetitif ini telah banyak dimanfaatkan di berbagai wilayah Indonesia khususnya di pedesaan,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier lewat keterangannya di Jakarta, Senin.

Guna memperkenalkan AMMDes hingga kancah global, katanya, Kemenperin memfasilitasi AMMDes pada pameran yang merupakan program pendamping dalam acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 itu.

Baca juga: Kemenperin dorong industri modifikasi mobil perdesaan AMMDes Digimodz

“AMMDes memiliki beragam fungsi yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan produktivitas dan kesehatan masyarakat di desa serta membantu dalam penanganan bencana. Untuk itu, kami berupaya agar kemampuan AMMDes ini lebih dikenal lagi ke banyak negara lain, sehingga bisa menembus pasar ekspor,” ungkapnya.

Di Indonesia, AMMDes penjernih air telah dimanfaatkan di wilayah Palu, Sigi, dan Donggala, saat terkena dampak gempa beberapa waktu lalu.

“Bagi masyarakat desa atau dalam kondisi darurat bencana, kebutuhan air bersih sangat penting untuk mendukung berbagai aktivitas. Oleh karena itu, peran AMMDes bisa menjadi solusi,” ujar Taufiek.

Pada unit lainnya AMMDes pengumpan ambulans telah dimanfaatkan di Kabupaten Lebak, Banten, serta tiga kabupaten di Nusa Tenggara Timur yaitu Timor Tengah Selatan, Sumba Barat Daya, dan Ende.

Baca juga: Kemenperin apresiasi kontribusi AMMDes tekan penyebaran COVID-19

“AMMDes ambulance feeder ini telah berguna untuk membantu dalam menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi,” imbuhnya.

Bahkan ketika masa pandemi COVID-19 di dalam negeri, AMMDes turut berkontribusi membantu pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 dengan alih fungsi AMMDes water tank sebagai alat penyemprotan cairan disinfektan.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin R Hendro Martono menyampaikan sejak diluncurkan Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 kehadiran AMMDes terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Hal ini menjadi salah satu wujud nyata implementasi upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa serta mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN),” papar Hendro.

AMMDes membuka peluang bagi pelaku industri dalam negeri untuk menguasai kemampuan teknologi bidang penelitian dan pengembangan serta rancang bangun.

Hingga saat ini, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) AMMDes telah mencapai lebih dari 40 persen dan melibatkan 70 industri komponen yang sebagian besar merupakan Industri kecil dan Menengah (IKM). “Selain itu, AMMDes telah masuk dalam e-katalog sektoral Kemenperin,” tandasnya.

Baca juga: AMMDes mimpi Indonesia kembangkan kendaraan tinggi TKDN

Di perhelatan ADEXCO 2022 Kemenperin menampilkan AMMDes sebagai salah satu produk yang dapat dimanfaatkan membantu penanganan bencana dan diproduksi oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (PT KMWI) dengan menghadirkan AMMDes Penjernih Air dan AMMDes Pengumpan Ambulans.

Direktur PT KMWI Donny Novanda menambahkan AMMDes merupakan inovasi teknologi anak bangsa yang dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri. Alat mekanis multiguna ini dilengkapi mesin 14 HP, Power Take Off (PTO), Differential Lock, serta Double Wishbone.

“Jadi, AMMDes bisa berfungsi sebagai transportasi untuk daerah yang minim infrastruktur dan daerah dengan topografi ekstrim yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan pada umumnya, sekaligus sebagai alat produksi yang dapat dikombinasikan dengan berbagai alat produksi dan alat bantu lainnya,” terangnya.

Mengusung tema “Reinforce Our Future, From Indonesia to the World”, ADEXCO merupakan upaya meningkatkan kesadaran dan wawasan elemen bangsa terkait pemanfaatan teknologi dalam penanganan bencana.

Baca juga: Kemenperin fasilitasi pemanfaatan AMMDes penyemprot disinfektan

Ajang yang dihadiri dari kementerian, lembaga, dan pelaku industri ini sebagai pameran dan konferensi terbesar di Indonesia terkait kebencanaan diharapkan dapat menempatkan Indonesia sebagai pusat solusi kebencanaan di kawasan Asia.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar