Jakarta (ANTARA) - Max Verstappen dan Sergio Perez diharapkan kembali tampil apik dan finis terdepan di Grand Prix Monaco, akhir pekan nanti setelah duet pebalap tim Red Bull Racing itu finis pertama dan kedua pada balapan Formula 1 di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (22/2).

Atas kemenangan tersebut Max Verstappen sukses mengkudeta puncak klasemen yang sebelumnya dipegang pebalap Ferrari, Charles Leclerc. Pebalap berusia 24 tahun ini kini mengemas 110 poin atau unggul enam poin atas Leclerc yang berada di posisi dua.

"Di sirkuit jalan raya nanti semoga keduanya bisa melanjutkan semangat untuk mempertahankan titel juara dunia dan juga untuk konstruktor. Harapan kami bisa finis satu dua lagi," kata Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) selaku salah satu sponsor, Sri Adinegara dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin.

Selama musim balapan tahun ini, duet Max Verstappen dan Sergio Perez sudah dua kali finis di urutan pertama dan kedua. Sebelum di Sirkuit Catalunya, Spanyo mereka finis terdepan keduanya di balapan Formula 1 Emilia Romagna di Sirkuit Imola, Italia, 24 April lalu.

Baca juga: Podium berturut-turut Max Verstappen diharapkan terus berlanjut

Meski mampu finis terdepan di Catalunya, perjuangan Max Verstappen dan Sergio Perez tidak mudah. Apalagi Max pada kualifikasi mengalami kendala pada sistem Drag Reduction System (DRS) sehingga harus kehilangan peluang meraih pole position.

Namun, pada saat balapan kondisi berbeda. Pebalap asal Belanda itu mampu menerapkan strategi pit stop yang tepat dan kendaraan yang digunakan, RB 18 bisa diandalkan. Akhirnya Max bisa finis terdepan dengan waktu 1 jam 37:20,475 detik. Sedangkan Perez menyusul terpaut 13,072 detik.

"Saat balapan DRS alami gangguan. Ini membuat balapan kian berat. Kesulitan di awal tapi bagus pada akhirnya. Senang dengan kemenangan ini dan juga untuk Sergio Perez. Merupakan hasil yang baik untuk tim,” kata Max dalam keterangan resminya.

Sementara itu, Perez mengaku sudah memiliki kepercayaan diri meraih hasil bagus di Formula 1 Spanyol. Hal tersebut membuatnya bisa torehkan waktu tercepat di sirkuit Catalunya hingga 1:24,108 detik.

“Saya merasa mendapat dukungan penuh sepanjang persiapan balapan dan senang bisa di podium untuk kali pertama di GP Spanyol. Balapan yang seru dan ini menjadi hasil tim yang bagus,” kata pebalap yang akrab dipanggil Checo ini.

Baca juga: Verstappen juara GP Spanyol setelah Leclerc DNF karena kerusakan mesin
Baca juga: Leclerc harap upgrade di Spanyol bawa Ferrari salip Red Bull lagi

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022