Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA melalui Galeri Foto Jurnalistik ANTARA dan Redaksi Foto Kantor Berita ANTARA menggelar pameran foto jurnalistik bertema "Indonesia Melalui Bencana" dalam Global Platform for Disaster Risk Reduction 2022 di Bali.

"Foto-foto yang kami tampilkan dalam pameran ini merupakan beberapa koleksi terbaik dalam menggambarkan peristiwa bencana alam yang terjadi di Indonesia, termasuk di dalamnya upaya kesiapsiagaan, penanganan, dan pemulihan dari bencana," kata kurator pameran Ismar Patrizki dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Sebanyak 40 foto karya 23 pewarta foto Kantor Berita ANTARA dipamerkan di lokasi utama perhelatan GPDRR 2022, yaitu Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua, Bali, selama 23-28 Mei 2022.
 
Silakan mengunduh e-katalog Pameran Foto Jurnalistik Perum LKBN ANTARA bertajuk “Indonesia Melalui Bencana” melalui QR Code ini.


Pameran foto itu menggambarkan peristiwa kebencanaan, dampak bencana, semangat masyarakat Indonesia yang tangguh dan berhasil bertahan melalui musibah, upaya masyarakat untuk pulih dan bangkit dari keterpurukan akibat bencana, serta semangat solidaritas dan kebersamaan menghadapi bencana.

Baca juga: Persiapan Indonesia untuk GPDRR 2022 sudah 90 persen

Penanganan bencana oleh pemerintah dan uluran tangan dari berbagai pihak serta negara sahabat mempercepat upaya masyarakat Indonesia untuk segera pulih dan membangun kembali dari puing-puing tersisa, juga digambarkan melalui foto-foto yang dipamerkan.

"Meski marabahaya mengintai selama Bumi ini masih berputar, seluruh masyarakat Indonesia begitu pula dengan penduduk di Bumi ini akan selalu menyintas dan bangkit dari bencana selama kita saling menjaga dan peduli," ujar Ismar.
Pameran foto jurnalistik Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara bertajuk "Indonesia Melalui Bencana" dalam rangkaian penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Senin (23/5/2022). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf/am.


Foto-foto yang dipamerkan melipti peristiwa gempa bumi dan tsunami Aceh 2004, gempa bumi Yogyakarta 2006 serta gempa bumi bermagnitudo 7,6 di Sumatra Barat pada 2009, erupsi Gunung Merapi 2010, erupsi Gunung Sinabung di Sumatra Utara 2014.

Selain itu, peristiwa terkait gempa bumi bermagnitudo 7 di Lombok 2018, gempa bumi magnitudo 7,4 diikuti tsunami dan likuifaksi Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, yang terjadi pada 2018.

Dalam pameran itu, juga ditampilkan sejumlah foto peristiwa terkait erupsi Gunung Anak Krakatau dan tsunami Selat Sunda 2018, erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur yang terjadi pada 2021, serta aktivitas mitigasi bencana di Indonesia.
Pameran foto jurnalistik Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara bertajuk "Indonesia Melalui Bencana" dalam rangkaian penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Senin (23/5/2022). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf/am.


Pameran yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diharapkan dapat memberi gambaran secara umum mengenai Indonesia dalam menghadapi bencana alam, khususnya kepada delegasi GPDRR 2022 yang berasal lebih dari 100 negara.

Pameran tersebut juga diharapkan dapat memberi kontribusi untuk meningkatkan kesadaran mengenai penanggulangan dan kesiapsiagaan bencana.

Masyarakat umum dapat mengakses situs www.antarafoto.com untuk menyimak pameran secara virtual dan mengunduh katalog digital yang tersedia.

Baca juga: Menko PMK resmikan Rumah Resiliensi Indonesia di GPDRR 2022
Baca juga: PBB ingatkan pentingnya libatkan kelompok rentan tanggulangi bencana
Baca juga: Bendera Indonesia dan Bendera PBB berkibar di lokasi GPDRR 2022 Bali

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022