Penghargaan ini tentu menjadi pendorong semangat untuk kami insan PNM dalam memberikan yang terbaik untuk UMKM dalam memajukan ekonomi kerakyatan melalui tiga modal tersebut
Jakarta (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) meraih penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Presidential Award 2022 sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja PNM yang berkontribusi bagi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Penghargaan ini tentu menjadi pendorong semangat untuk kami insan PNM dalam memberikan yang terbaik untuk UMKM dalam memajukan ekonomi kerakyatan melalui tiga modal tersebut,” ujar Sekretaris Perusahaan PNM Dodot Patria Ary dalam keterangan resmi, Senin.

ICSB adalah organisasi non-profit global yang berfokus pada pemberdayaan UMKM dengan anggota di 85 negara.

Berdiri sejak 1955, Indonesia mulai aktif berpartisipasi pada acara ini sejak tahun 2015 atas inisiasi Kementerian Koperasi dan UKM bersama Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya.

“PNM secara konsisten memberikan tiga modal kepada UMKM yakni modal finansial, intelektual, dan sosial," imbuh Dodot.

Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, modal intelektual melalui penyelenggaraan berbagai pelatihan, dan modal sosial melalui fasilitasi hubungan antar-nasabah sehingga membentuk jaringan usaha kolektif untuk mempercepat pertumbuhan usaha nasabah.

Adapun hingga 20 Mei 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp127 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 11,9 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.386 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani usaha mikro dan kecil di 34 provinsi, 443 kabupaten dan kota, serta 5.640 kecamatan.

Baca juga: Inilah 16 penerima ICSB Presidential Awards
Baca juga: Erick Thohir motivasi petugas PNM Mekaar tingkatkan kapabilitas
Baca juga: PT PNM catat pembiayaan pada 2021 capai Rp32 triliun

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022