Jakarta (ANTARA) -
WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite fokus menatap Olimpiade Catur 2022 di Chennai, India pada 28 Juli-10 Agustus setelah meraih satu medali emas dan perak pada SEA Games Hanoi, Vietnam.
 
Dia mengatakan akan berusaha memperbaiki permainan agar bisa terpilih mewakili Merah Putih dalam pesta olahraga catur terbesar di dunia tersebut.
 
"Rencana ada Asian Games (Hangzhou/2022), tapi ditunda dan belum ada kabar jadwal barunya. Paling terdekat adalah Olimpiade Catur di India. Saya akan berusaha untuk bisa masuk tim pada seleksi nanti. Saat ini, pecatur Indonesia banyak yang kuat dan kuota terbatas yakni lima. Jadi akan ada seleksi untuk Olimpiade nanti,"kata WIM Chelsie kepada ANTARA setiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin.
 
WIM Chelsie tiba di Tanah Air setelah berjuang pada SEA Games Vietnam. Dia berhasil membawa pulang satu emas dan perak dalam pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.
 
Medali emas dia raih pada hari terakhir pertandingan catur nomor kilat beregu, Sabtu (21/5) bersama WIM Ummi Fisabilillah.
 
Kepastian Chelsie dan Ummi merebut emas ditentukan pada babak keempat atau babak terakhir ketika mereka menambah 1,5 poin lewat kemenangan meyakinkan atas Malaysia.

Baca juga: Chelsie dan Ummi sumbang emas terakhir dari cabang catur SEA Games
 
Satu poin disumbangkan Ummi yang menang atas WIM Puteri Munajjah Az-Zahraa Azhar dan tambahan 0,5 poin dari permainan remis Chelsie dengan WFM
Puteri Rifqah Fahada Azhar.
 
Dengan tambahan 1,5 poin itu, total poin yang dikumpulkan duet putri Indonesia menjadi 6,0 dari 4 babak. Mereka unggul satu poin dari tim Filipina yang harus puas dengan medali perak.
 
Sementara medali perak Chelsie diraih pada nomor catur kilat perseorangan. Dia harus puas meraih medali perak usai kalah dari wakil Vietnam IM Nguyen Pham Le Thao dengan ½ - 1 ½.

"Pada nomor perseorangan sedikit kecewa karena setelah remis pada babak pertama, saya kalah pada babak kedua setelah salah kalkulasi," ujar Chelsie.

Baca juga: WIM Chelsie raih perak catur kilat putri SEA Games Vietnam

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022