Jakarta (ANTARA) - Menteri Budaya, Olahraga dan Pariwisata Vietnam Nguyen Van Hung mensyukuri suksesnya gelaran SEA Games 2021 pada upacara penutupan di Stadion Mỹ Đình, Hanoi, Vietnam, Senin malam WIB.

Berbicara pada upacara penutupan SEA Games 2021 yang disiarkan secara virtual, Senin, Nguyen Van Hung mengajak semua generasi muda yang ada di kawasan Asia Tenggara untuk kembali bergabung di SEA Games ke-32 tahun 2023 mendatang di Kamboja.

Selain itu, Nguyen Van Hung juga turut mengungkapkan rasa syukur karena gelaran SEA Games 2021 mampu berjalan lancar meski Vietnam sempat dilanda badai COVID-19.

Hal lain yang ia syukuri adalah tempat-tempat penyelenggaraan kompetisi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam bisa dipadati oleh penonton.

Pada acara penutupan ini, Vietnam menyampaikan perpisahan tersayang dan terhangat kepada semua peserta dalam upacara penutupan SEA Games Hanoi Vietnam yang berlangsung selama 90 menit.

Jika pada upacara pembukaan menampilkan pertunjukan massal dan efek visual yang spektakuler, penutupan menjadi acara yang lebih nyaman dan bersahabat dengan moto “datang bersama untuk bersinar”.

Para atlet telah melalui banyak kompetisi dan menunjukkan bakat dan kemampuan, sehingga upacara penutupan menjadi momen bagi semua orang untuk menghormati dan mengapresiasi mereka, serta untuk meningkatkan sportivitas.

Layar LED dengan panjang 580 meter dalam ruangan dipasang untuk acara tersebut dan ada panggung utama di tengah seluas 611 meter persegi. Ada juga dua panggung di samping seluas 315 meter persegi untuk menciptakan efek suara dan cahaya terbaik.

Ada pula pertunjukan musik yang menampilkan lagu-lagu daerah Vietnam “quan ho” , “Moi trau” , “Gia ban”, dan “Nguoi oi nguoi o dung ve.” Penyanyi kontemporer kenamaan seperti Uyen Linh, Van Mai uong, dan Duong Hoang Yen tampil di atas panggung menyemarakkan acara penutupan tersebut.

Baca juga: Tarian Apsara Kamboja tampil di penutupan SEA Games Vietnam
Baca juga: Vietnam serahkan bendera SEA Games ke Kamboja
Baca juga: Penari berbaju Ao Dai buka upacara penutupan SEA Games Vietnam

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022