Saya berharap melalui kegiatan ini menjadi momentum bagi seluruh stake holder pada sektor industri halal untuk membenahi diri
Jakarta (ANTARA) - Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu gelar Road to Jakarta Moslem Fashion Week (JMFW) mengusung tema “Glowing with JMFW 2023" bersama 44 Finalis Puteri Indonesia yang diadakan di Mall Gandaria City, Jakarta pada Minggu (22/5).

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Arsjad Rasjid dalam keterangan resmi pada Senin mengatakan “Glowing with JMFW 2023" merupakan koordinasi nyata yang inklusif lintas sektor dalam memajukan fesyen muslim dan kosmetik halal Indonesia.

"Kadin berkomitmen untuk memfasilitasi pelaku industri halal termasuk UMKM untuk menyesuaikan diri menuju ekosistem digital untuk memperluas akses ke pasar global melalui digital teknologi," kata dia.

Baca juga: Keberagaman Indonesia jadi fokus Embracing Jakarta Muslim Fashion Week

Acara yang digelar bersamaan dengan rangkaian Pemilihan Putri Indonesia (PPI) 2022 itu dibuka dengan parade penampilan 44 finalis Puteri Indonesia 2022 dengan menggunakan busana muslim hasil karya desainer lokal yang dipercantik dengan riasan kosmetik Beauty Queen Series Mustika Ratu dan dilanjutkan dengan talkshow Glowing Road to JMFW 2023.

Road to JMFW 2023 dapat menjadi strategi dan promosi bagi industri fesyen muslim baik pada tingkat lokal dan dunia yang tentunya akan mempercepat pemulihan ekonomi setelah pandemi.

Anggota Dewan Pertimbangan Persiden (Watimpres) yang juga Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani sangat mengapresiasi Road to JMW 2023 bersama Puteri Indonesia 2022, kegiatan ini juga merupakan side event dari G20 yang ditunjukkan untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui industri fesyen dan produk halal.

"Saya berharap melalui kegiatan ini menjadi momentum bagi seluruh stake holder pada sektor industri halal untuk membenahi diri, memperbaiki kualitas produk dan terus menyesuaikan sehingga dapat turut ambil bagian dan langkah strategis untuk mewujudkan industrinya sebagai pusat produsen halal dunia di tahun 2024," kata dia.

Sementara itu Staf Ahli Menteri Bidang Perdagangan Jasa, Kementerian Perdagangan, Frida Adiati mengungkapkan, sinergi yang kuat antara industri fesyen muslim dan kosmetika nasional berkontribusi besar dalam mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi negara produsen produk halal terbesar dunia.

Baca juga: Mendag: Indonesia harus ambil peluang tren fesyen muslim

"Kami menyadari upaya membangun ekosistem fesyen muslim secara serius dan berkelanjutan akan memberikan efek domino bagi industri penunjang dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Selain itu, juga dapat mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia tahun 2024. JMFW hadir tidak hanya mempromosikan produk fesyen, tapi juga mengangkat potensi produk kosmetik Indonesia," kata Frida.

Pagelaran Road to JMFW bertujuan untuk memperkenalkan dan membesarkan usaha di sektor fesyen muslim di tanah air dan diharapkan menjadi pagelaran fesyen muslim terbesar di Indonesia yang dapat meningkatkan nilai eksport Indonesia.

Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Kusuma Ida Anjani mengatakan Road to JMFW 2023 berkolaborasi dengan Puteri Indonesia 2022 dan Mustika Ratu dilaksanakan sebagai bentuk dukungan yang sejalan dengan program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Global Halal Hub di tahun 2024. "Inisiatif ini dilaksanakan melalui industri fesyen dan kosmetika dengan kerjasama berbagai pihak seperti Kemendag, KADIN, Asosiasi Kosmetik, Asosiasi Pertekstilan dan juga para desainer Indonesia,” ujar Kusuma Anjani.

Baca juga: Gelaran MUFFEST+ promosikan fesyen muslim Indonesia ke global

Baca juga: Wardah gandeng empat desainer di Indonesia Fashion Week 2022

Baca juga: Mendag sebut ajang JMFW dorong perkembangan produk halal nasional

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022