Mobil ini semakin baik di balapan. Kami membuat kemajuan di kualifikasi
Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton mengembalikan kepercayaan dirinya dan merasa dapat bertarung untuk kemenangan lagi setelah bangkit dari P19 hingga finis P5 di Grand Prix Spanyol.

Juara dunia tujuh kali tersebut mengatakan hasil finis di Catalunya, Minggu, mengembalikan kenangan lama dan optimisme untuk mengincar podium musim ini.

"Balapan seperti itu terasa seperti kemenangan. Bahkan terasa lebih baik dari kemenangan ketika Anda datang dari belakang dan melewati banyak kesulitan," kata Hamilton dikutip Reuters, Senin.

Awal musim ini, Mercedes, juara delapan gelar konstruktor secara beruntun, mengalami kesulitan dengan mobil yang memantul-mantul di lintasan atau disebut "porpoising". Akan tetapi, upgrade yang mereka bawa ke Spanyol terbukti menjadi langkah besar kemajuan bagi tim Silver Arrow.

George Russell mampu finis podium di tempat ketiga, dan Hamilton menyudahi balapan di posisi kelima, setelah pada awal lomba mendapati posisinya melorot ke belakang menyusul insiden senggolan dengan mobil Haas Kevin Magnussen.

Hamilton mengatakan pada bulan lalu bahwa ia dan Mercedes sudah terlempar dari persaingan kejuaraan musim ini, namun sang pebalap Inggris terdengar lebih optimistis pada Minggu.

Baca juga: Mercedes tampil solid, tapi Hamilton masih kalah dari Russell

Ketika ditanya apakah dia dapat menang lagi musim ini, untuk menambah rekor 103 kemenangan dalam kariernya, pebalap paling sukses sepanjang sejarah itu menjawab: "Iya, pastinya.

"Kami membuat banyak perbaikan dengan mobil ini dan kecepatan di balapan jauh lebih baik. Mobil ini semakin baik di balapan. Kami membuat kemajuan di kualifikasi," kata pebalap berusia 37 tahun itu.

Hamilton tertinggal 64 poin dari pebalap Red Bull Max Verstappen, pemenang GP Spanyol, namun masih ada 16 balapan tersisa musim ini.

Baca juga: Verstappen juara GP Spanyol setelah Leclerc DNF karena kerusakan mesin

Mercedes sekarang fokus untuk meningkatkan performa ketimbang menyelesaikan masalah.

"Mereka melakukan suatu eksperimen terhadap mobil George yang pada akhirnya mendapat hasil lebih baik untuk melaju di kualifikasi. Mungkin di balapan berikutnya saya akan memakainya," kata Hamilton.

"Itu memberi saya harapan yang sangat besar bahwa pada suatu saat kami akan bertarung untuk kemenangan.

Hamilton menambahkan ia memulai balapan di Spanyol dengan positif sebelum insiden di lap pembuka. "Tapi saya bangkit, ini terasa seperti balapan-balapan dulu yang pernah saya jalani. Bagi saya itu terasa luar biasa."

Baca juga: Mercedes sadari mereka masih belum mampu kejar Ferrari dan Red Bull
Baca juga: GP Spanyol: Leclerc tercepat di FP2, Mercedes pamer kecepatan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022