Jakarta (ANTARA News) - Aqua Group, produsen air minum dalam kemasan (AMDK) melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/ CSR) jauh sebelum pabrik beroperasi.

"Kami punya 14 pabrik di seluruh Indonesia, seluruhnya dibangun setelah program CSR berjalan," kata Direktur Sustainable Development Aqua Group, Sonny S. Sukada di Jakarta, Rabu, usai menjelaskan laporan berkelanjutan yang diterbitkan perusahaan ini.

Termasuk pabrik di Padarincang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten meski belum dibangun, namun program CSR di daerah tersebut tetap dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar pabrik

Sonny mengatakan, dalam membuat program CSR, Aqua selalu memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk menyampaikan kebutuhan yang diinginkan dalam upaya meningkatkan taraf hidup.

"Pada dasarnya mereka lebih memahami kondisi di lapangan sehingga seluruh usulam masukan dan aspirasi dari masyarakat kami tampung," ujar dia.

Sonny mengatakan, tidak seluruh usulan dapat ditampung, untuk itu dari semua masukan akan dipelajari lebih mendalam, agar program itu dapat menjawab persoalan faktual di lapangan.

Bamyak faktor agar usulan itu menjadi bagian progran CSR diantaranya pertimbangan kondisi lokal, dengan demikian program CSR itu bukan keinginan Aqua melainkan memang berasal dari masyarakat.

Dia mengatakan, seperti soal modal usaha, Aqua tidak memberikan uang secara cuma-cuma melainkan memberikan akses langsung keperbankan.

Aqua dalam melaksanakan progran CSR selalu melibatkan pemangku kepentingan tidak hanya pemerintah, tetapi juga organisasi non pemerinta, serta tokoh masyarakat di sekitar kawasan, papar dia.

Sonny mengatakan, pendampingan harus terus dilakukan karena masih banyak masyarakat yang belum mampu mebedakan apa saja kebutuhan dengan keinginan.

Sonny mengatakan aktivitas program CSR diantaranya pengelolaan sampah rumah tangga di Wonosobo Jawa Tengah, pembiayaan usaha mikro di Sumatra Utara, serta bekerja sama dengan Pemda di sejumlah daerah membangun fasilitas air bersih.

Aqua sendiri telah menyampaikan laporan berkelanjutan tahun 2011 yang di dalamnya mencerminkan komitmen perusahaan terhadap bisnis dan sosial.

"Apa yang dilaporkan merupakan inisiatif dari PT Tirta Investama, PT Aqua Golden Mississipi, dan PT Tirta Sibayakindo dengan tema pembangunan berkelanjutan tahun 2010," ujar Sonny.  (G001/S006)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011