Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi sebagai pesan optimisme
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencanangkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kota ini di Pulau Bidadari, Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Tahun ini, kami ingin memberi pesan tentang keberadaan Kepulauan Seribu sebagai bagian dari Jakarta yang kaya akan potensi pariwisata," kata Anies di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa.

Menurut dia, dipilihnya kawasan Kepulauan Seribu sebagai pencanangan HUT DKI untuk memberi pesan bahwa Jakarta terdiri dari daratan dan pulau.

DKI Jakarta, kata dia, memiliki potensi di sektor pariwisata dan wilayah kepulauan yang masih dapat dikembangkan secara khusus menjadi pariwisata kelas global, dengan membawa konsep bekerja sambil berwisata (digital nomad) khususnya bagi pekerja digital secara daring.

Pemprov DKI Jakarta memulai rangkaian HUT ke-495 pada Selasa ini dari Pulau Bidadari hingga satu bulan atau pada malam puncak Sabtu (25/6).

Baca juga: DKI gelar perayaan HUT ke-495 selama sebulan

Anies menambahkan mulai tahun ini, seluruh rangkaian kegiatan HUT Kota Jakarta akan menggunakan jenama (branding) "Jakarta Hajatan", kemudian diikuti dengan usia kota Jakarta.

Kata Hajatan, lanjut dia, memiliki makna selebrasi yang dekat dengan nuansa kehidupan masyarakat Indonesia seperti resepsi atau selamatan atas sebuah pencapaian.

"Hajatan erat kaitannya dengan kemeriahan dan pesta, apalagi kata hajatan ini dekat dengan budaya Betawi dan kami ingin mengajak seluruh warga Jakarta untuk merayakan bersama, berpesta bersama atas setiap usaha dan karya yang sudah tercipta di Jakarta," imbuh Anies.

Sedangkan tema yang diusung pada tahun ini adalah "Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi" sebagai pesan optimisme sekaligus berbagai upaya yang telah, sedang dan akan terus dilakukan di Kota Jakarta, sekaligus merefleksikan kembali semangat kolaborasi.

Selain itu, rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 juga diisi berbagai kegiatan di antaranya ziarah Taman Makam Pahlawan (TMP) dan upacara peringatan HUT ke-495 Kota Jakarta.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD DKI usul peresmian JIS dirangkaikan dengan HUT DKI

Selanjutnya, ada sidang paripurna DPRD DKI, konser Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM), pekan kolaborasi daerah, Formula E, Jakarta Award dan malam resepsi serta pagelaran budaya.

Perayaan lainnya, lanjut dia, aktivasi mural wilayah, instalasi, pertunjukan musik hingga pameran budaya.

Jakarta Hajatan akan ditutup pada malam puncak HUT ke-495 DKI Jakarta yang sekaligus peresmian Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (25/6).

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022