Dari pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah yang menggunakan Semen Indonesia sudah mencapai 75 persen
Jakarta (ANTARA) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyebutkan kontribusi Semen Indonesia Group (SIG) terhadap proyek strategis nasional atau PSN pada 2021 mencapai 75 persen.

"Kontribusi kita terhadap PSN sudah mencapai 75 persen pada tahun 2021. Jadi, dari pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah yang menggunakan Semen Indonesia sudah mencapai 75 persen," ujar Direktur Utama Semen Indonesia Donny Arsal dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Selasa.

Menurut Donny, volume semen SIG dalam PSN itu mencapai1,73 juta ton pada 2021.

Faktor kunci kontribusi SIG dalam PSN itu adalah solusi yang disesuaikan secara khusus untuk kebutuhan proyek dan ketersediaan fasilitas produksi dan rantai pasok di seluruh wilayah Indonesia.

"Kita sudah cukup mendominasi, hanya saja memang komposisi semen bulk itu hanya 30 persen dari total penjualan, sementara 70 persennya berasal dari ritel," kata Donny.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan kesuksesan kolaborasi strategis SIG dan Kementerian PUPR bisa menjadi contoh bagi perusahaan BUMN lainnya dalam berkontribusi untuk pembangunan negara.

Erick menyampaikan momen bagi SIG dan Kementerian PUPR untuk menunjukkan kekuatan kolaborasi dalam mendukung proyek program strategis nasional di segmen infrastruktur, perumahan, dan pengembangan wilayah.

Kesuksesan kolaborasi strategis SIG dan Kementerian PUPR ke depan akan menjadi contoh bagi perusahaan BUMN yang lain untuk berkontribusi dalam menjawab tantangan dalam pembangunan negara.

Baca juga: SIG-Kementerian PUPR bersinergi gelar pelatihan jasa konstruksi
Baca juga: Semen Indonesia raih dua penghargaan Top CSR Awards 2022
Baca juga: Semen Indonesia dukung pemerintah wujudkan "net zero carbon emission"

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022