ada kendaraan-kendaraan yang akan dipamerkan di Monas
Jakarta (ANTARA) - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan, acara di Monumen nasional (Monas) pada 2 Juni, menjelang Jakarta E-Prix 2022 hanya berupa pameran mobil peserta agenda itu sehingga tidak akan sama dengan pawai MotoGP Mandalika, Maret silam.

"(Formula E) tidak pawai seperti MotoGP. Namun, ada kendaraan-kendaraan yang akan dipamerkan di Monas," kata Sambodo di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa.

Parade MotoGP sebelum balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat kala itu diikuti ratusan pembalap dan komunitas motor di Jakarta dan dilepas oleh Presiden Jokowi di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Sambodo menuturkan pihaknya juga menjadwalkan pertemuan dengan panitia penyelenggara Jakarta E-Prix 2022 untuk memastikan akan seperti apa pra-acara Formula E nanti.

Baca juga: Ini kata Anies terkait Formula E di Jakarta

"Kami akan bicarakan bersamaan acara yang tanggal 2 (Juni) yang katanya akan dilaksanakan di Monas. Ketentuannya siang ini kami akan koordinasi dengan panitia," kata Sambodo.

Menjang balapan, Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan melaksanakan survei berkali-kali untuk mempertimbangkan berbagai hal, mulai dari rute menuju Ancol hingga pengaturan tamu VIP.

Survei dilakukan mulai dari area Jakarta International Stadium (JIS) hingga sekitaran kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

"Survei mulai dari JIS, kemudian bagaimana rutenya menuju ke Ancol," kata Sambodo.

Baca juga: Pebalap Formula E jadwalkan sesi foto di Monas

Hal-hal lainnya yang akan dipertimbangkan misalnya jadwal pengiriman mobil balap ke dalam sirkuit, pemusatan kendaraan penonton di Jakarta International Expo Kemayoran, hingga pengaturan tamu VIP.

"Kemudian bagaimana pengaturan untuk tamu VIP, acaranya seperti apa, kita akan bicarakan," kata Sambodo.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022