Jakarta sedang melakukan hajatan, bikin yang cantik
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 495 lukisan mural bertema khusus terkait DKI Jakarta seperti Jakarta Hijau dan Udara Bersih menghiasi tembok di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara dalam rangka menyambut HUT ke-495 DKI Jakarta.

"Di Jalan RE Martadinata, salah satu jalan protokol kebanggaan kita selain Jalan Yos Sudarso, rencananya mau dibikin 495 gambar-gambar mural dalam rangka mempercantik Kota Jakarta Utara. Tema (mural)-nya pertama tentang DKI, HUT DKI, kemudian tentang bagaimana Jakarta hijau dan udaranya bersih," kata Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa.

Angka 495 merupakan penyesuaian dengan usia Jakarta saat ini. Ali mengatakan pengecatan gambar mural sudah dimulai saat ini, dengan melibatkan Karang Taruna, tingkat kota, kecamatan, hingga kelurahan.

Kalau ruang tembok di Jalan RE Martadinata tidak muat, lukisan mural juga bisa ditempatkan di tembok jalan-jalan strategis di kecamatan dan kelurahan.

Ia berharap akhir Mei nanti, pengerjaan mural di Jalan RE Martadinata bisa diselesaikan.

Selain itu, dalam rangka HUT DKI Jakarta tahun 2022 yang mengusung tema Jakarta Hajatan: Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi, setiap camat dan lurah pun diminta membenahi penampilan wilayah masing-masing agar terlihat lebih cantik.

"Mari kita rapihin, berbenah. Jakarta sedang melakukan hajatan, bikin yang cantik. Karena kita ada hajatan, kalau sedang hajatan maka di sekitar rumah, terutama para lurah, para camat, menjadikan kebanggaan," kata Ali.

Selain menghias wilayah 31 Kelurahan di Jakarta Utara, Pemerintah Kota Jakarta Utara juga menjadikan Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara menjadi lokasi pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Kota Jakarta, Selasa.

Dalam kesempatan itu, Ali menjelaskan bahwa dirinya ingin aktivitas di Pasar Seni Ancol hidup kembali dengan meningkatnya kunjungan ke lokasi legendaris di Jakarta Utara itu, khususnya ketika ada ajang perlombaan mobil listrik Formula E Jakarta.

Kebetulan Taman Impian Jaya Ancol mengadakan agenda pameran lukisan (drawing) di Galeri Pasar Seni sejak 15 Mei hingga 5 Juni 2022.

"Jangan lupa mampir ke Pasar Seni, kita bawa keluarga. kalau mungkin mau dilukis satu keluarga, atau mau dibikin siluet, mau mengenal karya-karya seni kita di Pasar Seni, juga ada pameran drawing di Galeri Pasar Seni. Ini bisa dikasih sebagai pengetahuan buat anak-anak dan keluarga semua, bagaimana karya seni kita yang ada di Indonesia, keren-keren," kata Ali.
Baca juga: Wali Kota Jakut kenalkan Batik Marunda saat pencanangan HUT DKI
Baca juga: Anies canangkan perayaan HUT ke-495 DKI di Pulau Bidadari
Baca juga: Pasar Seni jadi lokasi pencanangan HUT Ke-495 Jakarta di Jakarta Utara

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022