Makassar (ANTARA) - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melepas 3.448 wisudawan selama tiga hari sebagai upaya meminimalisir kerumunan demi mencegah penyebaran COVID-19.

Pelaksanaan wisuda periode pertama 2022 ini dilakukan secara daring dan luring, mengacu pada kebijakan pemerintah terkait kondisi pandemi COVID-19. Apalagi pemerintah saat ini menerapkan Pemberlakuan Pengaturan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 untuk Kota Makassar hingga tanggal 23 Mei 2022.

Rektor UMI Prof Dr Basri Modding di Makassar, Selasa, mengatakan pelaksanaan wisuda hari pertama melepas sebanyak 1.198 wisudawan yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (528 wisudawan), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (46 wisudawan), Pertanian (139 wisudawan), Fakultas Kedokteran Gigi (48 wisudawan) serta Program Pascasarjana sebanyak 437 wisudawan.

Sementara untuk pelaksanaan hari kedua, Rabu (25/5), akan diikuti secara luring dan laring sebanyak 1.219 wisudawan.

Baca juga: UMI Makassar siapkan mahasiswa jadi wirausahawan

Baca juga: UMI Makassar fokus meraih akreditasi internasional


Mereka berasal dari Fakultas Teknik (304 wisudawan), Fakultas Teknologi Industri (419 wisudawan), Fakultas Kedokteran (227 wisudawan), Fakultas Ilmu Komputer (83 wisudawan) serta Fakultas Farmasi sebanyak 186 wisudawan.

Adapun wisuda hari terakhir diikuti sebanyak 1.031 wisudawan dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Akademi Bahasa Asing.

Dia berharap para wisudawan dapat langsung terserap dalam dunia kerja ataupun menjadi pengusaha karena sudah mendapatkan modal awal selama kuliah di UMI dengan berbagai pelatihan kewirausahaan.

Wakil Rektor V UMI Prof Dr Ir HM Hattah Fattah MS, mengatakan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Manajemen Inovasi dan Inkubasi Bisnis UMI rutin menggelar bimbingan teknis untuk mahasiswa terkhusus yang memiliki jiwa bisnis (usahawan).

Kehadiran bimbingan teknis ini untuk mempersiapkan lulusan UMI lebih siap masuk ke dunia kerja, khususnya menjadi seorang pengusaha.*

Baca juga: UMI Makassar gelar pelatihan pendampingan proses produksi halal

Baca juga: Tim Bioetika FK UMI paparkan dilema etika medis di konferensi Portugal

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022