Sejumlah penyanyi ternama di Indonesia direncanakan hadir untuk turut menyemarakkan acara tersebut
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim optimis puncak peringatan HUT ke-495  DKI Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS) akan banyak mendorong pelibatan warga.

"Ya memang ada rangkaian-rangkaian (menjelang acara Puncak HUT di JIS), tapi nanti akan diinformasikan lagi soal itu. Karena ini hajatan Jakarta, jadi otomatis akan melibatkan semua warga," kata Ali kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa.

Ali mengatakan salah satu rangkaian acara tersebut ialah pencanangan HUT DKI di Pasar Seni Ancol pada Selasa hingga kegiatan menghias tembok Jalan RE Martadinata oleh Karang Taruna dengan 495 lukisan mural yang bertema khusus terkait DKI Jakarta seperti HUT DKI ke-495, Jakarta Hijau dan Udara Bersih.

Kalau ruang tembok di Jalan RE Martadinata tidak muat, lukisan mural juga bisa ditempatkan di tembok jalan-jalan strategis di kecamatan dan kelurahan.

Ia berharap akhir Mei nanti, pengerjaan mural di Jalan RE Martadinata bisa diselesaikan.

Selain itu, dalam rangka HUT DKI Jakarta tahun 2022 yang mengusung tema Jakarta Hajatan: Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi, setiap camat dan lurah pun diminta membenahi penampilan wilayah masing-masing agar terlihat lebih cantik.

"Mari kita rapihin, berbenah. Jakarta sedang melakukan hajatan, bikin yang cantik. Karena kita ada hajatan, kalau sedang hajatan maka di sekitar rumah, terutama para lurah, para camat, menjadikan kebanggaan," kata Ali.

Selain itu juga ada balap mobil listrik Formula E Jakarta yang juga digelar di Ancol, tepatnya sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Ali pun berharap adanya kegiatan Formula E Jakarta akan meningkatkan kunjungan ke lokasi legendaris Pasar Seni Ancol Jakarta Utara, mengingat lokasi yang berdekatan.

Kebetulan Taman Impian Jaya Ancol mengadakan agenda pameran lukisan (drawing) di Galeri Pasar Seni sejak 15 Mei hingga 5 Juni 2022.

"Jangan lupa mampir ke Pasar Seni, kita bawa keluarga. kalau mungkin mau dilukis satu keluarga, atau mau dibikin siluet, mau mengenal karya-karya seni kita di Pasar Seni, juga ada pameran drawing di Galeri Pasar Seni. Ini bisa dikasih sebagai pengetahuan buat anak-anak dan keluarga semua, bagaimana karya seni kita yang ada di Indonesia, keren-keren," kata Ali.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, Jakarta Hajatan ke-495 akan ditutup dengan upacara penutupan (closing ceremony) bersamaan dengan peresmian (grand launching) Jakarta International Stadium pada 25 Juni 2022.

Sejumlah penyanyi ternama di Indonesia direncanakan hadir untuk turut menyemarakkan acara tersebut.

Mengenai acara Puncak HUT DKI Ke-495 di JIS tersebut, kata Ali, akan diinformasikan lebih lanjut oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Nanti akan ada informasi tersendiri dari provinsi. Kalau untuk masuk, tentu nanti akan dilihat konsepnya. Apakah ini akan dibatasi agar tidak meluber semua, jadi dibuatkan tiket. Atau nanti dibuatkan ada beberapa undangan seperti kemarin undangan ke para RT/RW untuk berkunjung ke JIS, seperti itu," kata Ali.
Baca juga: Wagub DKI: JIS diutamakan untuk kegiatan olahraga
Baca juga: Presiden Persija: JIS belum tentu jadi stadion kandang musim 2022-2023
Baca juga: Barcelona-Atletico Madrid bahagia selama di Indonesia

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022