Hanoi, Vietnam (ANTARA) - Iming-iming bonus untuk kontingen Indonesia yang meraih medali dalam SEA Games 2021 Vietnam sukses membuat atlet-atlet negeri tetangga tergiur.

Pemerintah memang belum menentukan besaran bonus medali SEA Games, tetapi bila berkaca edisi sebelumnya di Filipina tiga tahun silam mereka yang membawa pulang medali nomor perseorangan bakal didapuk Rp500 juta untuk emas, perak Rp300 juta, dan perunggu Rp150juta.

Dalam peliputan SEA Games 2021 di Vietnam, ANTARA berkesempatan berbincang dan menanyakan apakah para atlet negeri tetangga dijanjikan bonus dari pemerintah masing-masing.

Di kesempatan yang sama, ANTARA juga "membocorkan" nominal bonus atlet-atlet Indonesia peraih emas SEA Games 2019 dan kebanyakan olahragawan negeri tetangga memberikan reaksi yang sama, yakni terkejut bahkan ada yang membelalakkan mata melihat deretan nominal yang telah dikonversi ke mata uang negara masing-masing.

"Wow, mereka bisa langsung menjadi jutawan!" kata atlet taekwondoin asal Malaysia Jason Loo Jun Wei.

Jason Loo mengaku ia menerima bonus sebesar 20.000 Ringgit Malaysia (sekira Rp66 juta) setelah meraih medali emas taekwondo kategori poomsae ganda campuran SEA Games 2019.

Baca juga: PBESI siapkan bonus Rp7 miliar untuk peraih emas SEA Games Vietnam

"Wah itu banyak sekali. Kalau begitu saya juga mau menjadi atlet Indonesia," kata taekwondoin Filipina Jeordan Dominguez, yang mengaku di negaranya emas kategori gaya bebas poomsae ditebus bonus senilai 300 ribu peso (sekira Rp83 juta).

Sementara itu, atlet taekwondo Vietnam Nguyen Dinh Khoi mengungkapkan pemerintahnya juga menghujani para atlet dengan bonus sebesar 30 juta Vietnam Dong (Rp18 juta) untuk peraih emas, 20 juta Dong (Rp12 juta) untuk peraih perak, dan 10 juta Dong (Rp6 juta) untuk peraih perunggu.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali sebelumnya telah memastikan peraih medali SEA Games 2021 Vietnam akan mendapat bonus dari pemerintah.

Namun dia belum dapat menyebutkan nominal bonus yang akan diterima atlet atau cabang olahraga yang meraih medali pada kejuaraan Asia Tenggara itu.

Baca juga: Gubernur Sulsel selamati peraih medali SEA Games, Dispora usul bonus
Baca juga: Menpora sebut hasil SEA Games Vietnam sesuai harapan Presiden dan DBON

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022