Pemprov Kalsel menyatakan bersyukur dan berterima atas apresiasi serta penghargaan sebagai Pembina K3 sejak 2016.
Banjarmasin (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziyah memberikan penghargaan kepada Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr (HC) H Sahbirin Noor sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022.

Menerima penghargaan Menaker RI tersebut, Gubernur Kalsel diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Kalsel H Nurul Fajar Desira Ces, di Jakarta, Selasa.

Pemprov Kalsel menyatakan bersyukur dan berterima atas apresiasi serta penghargaan sebagai Pembina K3 berturut-turut setiap tahun sejak 2016.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam sambutannya menuturkan, berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan pada bulan Januari hingga Maret 2022 di Indonesia terdapat 61.805 kasus kecelakaan kerja.

Data tersebut penyumbang terbanyaknya adalah usia muda, sehingga menjadi sinyal usia muda belum memiliki kesadaran perilaku keselamatan dalam bekerja.

Untuk itu diperlukan pendekatan upaya promotif preventif implementasi K3 dilakukan dengan inovatif yang menyasar kepada kaum muda, katanya pula.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel Irfan Sayuti mengatakan, penghargaan tahun ini diberikan kepada Gubernur Kalsel dan 14 gubernur lainnya.

Penghargaan juga diserahkan kepada perusahaan di Banua atau Kalsel di antaranya kecelakaan nihil (zero accident) diberikan kepada 116 perusahaan.

Kemudian penghargaan program pencegahan HIV/AIDS di tempat kerja diberikan kepada 36 perusahaan.

Selanjutnya penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3) ada 17 perusahaan.

Adapula penghargaan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 sebanyak 59 perusahaan.
Baca juga: Gubernur Kalsel apresiasi capaian vaksinasi di Tabalong
Baca juga: Gubernur Kalsel dukung Menara Vokasi 2021 yang disematkan Poliban


Pewarta: Sukarli
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022