Jakarta (ANTARA) - Runner-up tahun lalu Stefanos Tsitsipas selamat dari ketakutan pada putaran pertama French Open, dengan mengalahkan petenis Italia Lorenzo Musetti 5-7, 4-6, 6-2, 6-3, 6-2 untuk maju ke putaran kedua Selasa.

Unggulan keempat asal Yunani itu tampil buruk pada dua set pertama sebelum menemukan jangkauannya untuk mengatur pertemuan melawan petenis Ceko Zdenek Kolar.

"Ini putaran pertama yang hebat. Saya akan terus bekerja keras untuk meningkatkan dan membangun hubungan dengan penonton di sini," kata Tsitsipas di Court Philippe Chatrier yang dikutip Reuters, Rabu.

Baca juga: Tsitsipas bidik gelar Grand Slam pertama di Paris usai gagal pada 2021
Baca juga: Medvedev tak terlalu yakin juarai French Open


Musetti tahun lalu merebut dua set pertama saat melawan Novak Djokovic pada babak 16 besar sebelum cedera memaksa petenis Italia itu mengundurkan diri.

Pada Selasa, Musetti mematahkan servis yang menentukan pada gim ke-11 set pembuka ketika kesalahan sendiri dari Tsitsipas memberinya keunggulan 6-5. Petenis Italia itu menyusulnya dengan servis untuk unggul satu set saat pukulan backhand lawannya menyangkut di net.

Musetti membawa momentum tersebut ke set kedua, melaju untuk memimpin 4-0 saat Tsitsipas terus goyah.

Namun petenis Yunani itu menemukan jangkauannya untuk membendung "pendarahan" tersebut, membalas dengan satu break.

Baca juga: Berrettini mundur dari French Open

Musetti melakukan servis untuk merebut set tersebut saat kedudukan 5-4 dan setelah gagal pada servis pertama dengan kesalahan ganda, ia memimpin dua set ketika Tsitsipas melakukan kesalahan sendiri berikutnya.

Tsitsipas memimpin 3-0 pada set ketiga, mempertahankan keunggulan tersebut untuk mengurangi ketertinggalan.

Petenis Yunani itu memimpin 2-0 pada set keempat, menyelamatkan satu break point pada gim ketiga untuk memperpanjang keunggulannya, namun Musetti membalas dengan mematahkan servisnya dengan forehand winner.

Namun Tsitsipas memanfaatkan ketegangan lawannya untuk kembali mematahkan servis dan memimpin 4-2 sebelum menyamakan kedudukan.

Petenis Italia itu kehabisan tenaga dan Tsitsipas menyelesaikan pertandingan tersebut larut malam untuk memperpanjang keberadaannya di Paris pada paruh bawah bagan pertandingan, tempat ia tidak harus bertemu juara bertahan Novak Djokovic atau juara 13 kali Rafael Nadal.

Baca juga: Usai SEA Games, Aldila Sutjiadi bertolak ke Paris untuk French Open
Baca juga: Hadiah pemenang French Open musim ini bertambah

 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022