Selain bisa beli secara online melalui instalasi planogram, delegasi juga bisa membeli langsung, serta bisa melihat cara pembuatan produk ekrafnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan pihaknya bersama Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi 140 pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk mempromosikan pelbagai produk ekraf dalam forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

Ragam produk ekraf dipromosikan melalui showcase instalasi planogram di Art Building Bali Collection, Bali, yang berlangsung pada 23-28 Mei 2022.

"Terdapat 140 pelaku ekonomi kreatif yang telah dikurasi dari 500 pelaku ekonomi kreatif yang siap memamerkan produk-produk ekonomi kreatif di instalasi planogram yang berjarak kurang lebih 500 meter dari tempat utama penyelenggaraan GPDRR 2022," kata Menparekraf dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu.

Instalasi planogram merupakan pameran berformat instalasi portabel yang menampilkan setiap poster jenama produk ekraf dengan dilengkapi kode batang (barcode) untuk mengarahkan pengunjung ke toko penjualnya secara daring.

Pada instalasi planogram, lanjutnya, ada dua panel vertikal dan satu meja display yang dapat diputar menggunakan sensor tanpa sentuhan (touchless).

Di setiap meja display, terdapat mini screen yang akan memutar video looping atau penjelasan tentang produk kreatif karya anak bangsa serta cara pembeliannya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan terdapat tiga subsektor ekraf yang ditampilkan dalam instalasi planogram, yakni fesyen, kriya, dan kuliner.

Nantinya, lanjut dia, delegasi GPDRR 2022 bisa melihat langsung workshop pembuatan dari beberapa produk ekraf.

"Selain bisa beli secara online melalui instalasi planogram, delegasi juga bisa membeli langsung, serta bisa melihat cara pembuatan produk ekrafnya," ujar dia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga memfasilitasi dua paket kunjungan wisata untuk para delegasi GPDRR 2022, yaitu paket kunjungan wisata tak berbayar dengan kuota 600 orang guna mengunjungi pelbagai destinasi percontohan kearifan lokal dalam menghadapi bencana.

Kedua, paket kunjungan wisata berbayar yang bekerja sama dengan agen perjalanan sehingga memberikan manfaat kepada pelaku pariwisata di Bali.

"Kami juga melibatkan pelaku parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif) dalam menyukseskan GPDRR, sehingga hal ini juga memberi dampak positif pada bangkitnya ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga.

Baca juga: Kemenparekraf tingkatkan kapasitas 100 UMKM di sekitar DSP Borobudur
Baca juga: Kemenparekraf apresiasi Festival Dugong 2022 di Alor NTT
Baca juga: Kemenparekraf bermitra dengan OTA untuk dorong pemulihan pariwisata


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022