Ottawa (ANTARA) - Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand pada Selasa (24/5) mengumumkan bahwa Kanada akan menyumbangkan lebih banyak bantuan militer kepada Ukraina.

Dalam sebuah rilis berita, sang menteri mengatakan lebih dari 20.000 peluru artileri amunisi standar NATO 155 mm, termasuk fuse dan charge bag, akan dikirim untuk mendukung militer Ukraina lebih lanjut.

Amunisi ini akan ditembakkan dari meriam termasuk howitzer M777 yang telah disumbangkan Kanada dan sekutunya kepada pasukan Ukraina, dan untuk itu para anggota Angkatan Bersenjata Kanada memberikan pelatihan kepada rekan-rekan Pasukan Keamanan Ukraina, menurut rilis berita tersebut.

Amunisi ini telah dipasok dari Amerika Serikat (AS) dengan biaya hingga 98 juta dolar Kanada (Rp1,11 triliun) dan upaya sedang dilakukan agar bantuan yang sangat dibutuhkan ini dapat dipercepat dan dikirim ke Ukraina sesegera mungkin, kata rilis berita itu.

Bantuan militer ini menyempurnakan bantuan militer yang telah didedikasikan Kanada untuk Ukraina sejak Februari 2022, termasuk kontribusi artileri, kamera drone buatan Kanada, pendanaan untuk citra satelit resolusi tinggi dan banyak lainnya.

Kanada juga telah mendedikasikan dua pesawat angkut udara taktis yang sejauh ini telah mengangkut lebih dari 2 juta pon (sekitar 900 ribu kilogram) bantuan militer untuk mendukung Ukraina, imbuh rilis berita tersebut. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022