Para talenta di berbagai daerah Indonesia mampu menjadi jembatan mendekatkan aktivitas riset
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan talenta-talenta muda yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dapat memainkan peran penting untuk membantu daerah menjawab permasalahan di wilayahnya melalui kegiatan riset dan inovasi.

"Para talenta riset-inovasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia akan mampu menjadi jembatan untuk mendekatkan aktivitas riset dan berbagai inovasi yang dihasilkan untuk bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan di setiap daerah masing-masing," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam sambutannya di Webinar Talenta Muda Berkarya yang diikuti secara virtual di Jakarta, Rabu.

Handoko menuturkan para talenta muda yang telah terlibat sebagai alumni dari berbagai kegiatan riset yang sebelumnya diselenggarakan oleh berbagai lembaga yang sekarang bergabung ke dalam BRIN, saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Sehingga, para talenta muda tersebut dapat memahami dan mengidentifikasi kebutuhan riset setiap daerah karena masing-masing daerah memiliki karakter dan pola yang berbeda-beda.

Baca juga: BRIN ajak talenta muda andil majukan bangsa Indonesia

Baca juga: BRIN buat Program Alumni Talenta Muda ciptakan komunitas riset-inovasi


Para alumni tersebut telah mengikuti berbagai kegiatan pembinaan BRIN seperti Lomba Karya Ilmiah (LKIR), National Young Inventors Award (NYIA), dan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional/Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional (PIRN/Pekan PIRN).

Mereka juga pernah mengikuti kegiatan pembinaan lain yang diadakan BRIN seperti Perkemahan Ilmiah Remaja Regional (PIR Regional), Olimpiade Geologi Melange Indonesia (OGEMA), KIBO Robot Programming Challenge, dan Kompetisi Muatan Roket Indonesia-Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Komurindo-Kombat).

Para talenta riset dan inovasi yang ada di daerah-daerah dapat memberikan jawaban dan mendekatkan hasil riset dan inovasi untuk diimplementasikan di daerah sesuai kebutuhan masing-masing wilayah.

Dengan demikian, pemanfaatan hasil riset dan inovasi benar-benar dapat memberikan dampak besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan, perkembangan dan ekonomi daerah bahkan nasional.

Baca juga: BRIN: Pengembangan talenta muda unggul perlu kolaborasi berbagai pihak

Baca juga: BRIN ciptakan talenta Indonesia berdaya saing global

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022