BRIN ke depan semakin aktif dan adaptif dalam mengelola talenta muda dalam menyikapi kebutuhan talenta muda
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan mengembangkan basis data (database) talenta muda Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan memberdayakan talenta muda dalam rangka mendukung pembangunan sumber daya manusia Indonesia unggul.

"BRIN ke depan semakin aktif dan adaptif dalam mengelola talenta muda dalam menyikapi kebutuhan talenta muda di berbagai wilayah sekaligus menjembatani peran BRIN dalam pemberdayaan talenta muda," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi BRIN Edy Giri Rachman Putra di Webinar Talenta Muda Berkarya secara virtual diikuti di Jakarta, Rabu.

Dalam mengelola talenta muda, BRIN menyiapkan cetak biru kegiatan pembinaan talenta muda di bidang riset dan inovasi sesuai dengan kerangka manajemen talenta riset dan inovasi.

Baca juga: Program Alumni Talenta Muda bina talenta-talenta muda di daerah

BRIN akan melakukan penguatan kolaborasi dengan semua pihak khususnya alumni dalam pemberdayaan talenta, melakukan identifikasi talenta dan melaksanakan program-program pengembangan talenta nasional di bidang riset dan inovasi.

BRIN juga melakukan proses pembinaan kepada masyarakat terutama generasi muda dengan menyelenggarakan berbagai program inovasi, ilmu pengetahuan dan pelatihan agar memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat.

Edy menuturkan kegiatan pembinaan ilmiah dilaksanakan BRIN dalam rangka meningkatkan aktivitas dan kesadaran ilmiah di masyarakat terutama bagi generasi muda.

Baca juga: BRIN: Talenta muda bantu atasi masalah daerah dengan riset dan inovasi

Ia mengatakan penciptaan sumber daya manusia (SDM) unggul di setiap bidang keilmuan dan wirausaha berbasis inovasi, ilmu pengetahuan dan teknologi menghadapi tantangan utama, yakni critical mass, seperti umur dan level pendidikan, beragamnya tipe-tipe talenta, hingga regulasi yang belum mendukung sepenuhnya.

Oleh karenanya, dibutuhkan kegiatan pembibitan (nurturing), berupa identifikasi dan kegiatan pembinaan bagi talenta, kolaborasi dengan mitra, penguatan kompetensi, peningkatan jejaring, hingga pemberdayaan komunitas penggerak.

Edy menuturkan talenta muda yang telah melalui pembinaan tersebut menjadi jembatan untuk mendekatkan riset dan inovasi, termasuk hasil studi dari mancanegara, untuk disesuaikan dengan kebutuhan daerah-daerah di Indonesia.

Baca juga: BRIN ajak talenta muda andil majukan bangsa Indonesia

Baca juga: Kaltara usung konsep pembangunan "pertumbuhan hijau"


 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022