Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persija Thomas Doll menyebut pemain-pemainnya mesti meningkatkan kualitas fisik agar dapat bersaing di liga papan atas Liga 1 Indonesia 2022-2023.

“Levelnya mesti ditingkatkan. Saya perlu berbicara kepada pelatih fisik untuk memberikan program khusus kepada pemain karena itu penting,” kata Doll di Nirwana Park, Depok, Rabu.

Menurut pelatih asal Jerman tersebut, aspek-aspek fisik seperti stamina, kekuatan, kebugaran dan kelincahan menjadi modal utama dalam mengarungi kompetisi sepak bola yang panjang.

Oleh karena itu, selain didampingi pelatih, para pemain Macan Kemayoran juga dimintanya berlatih sendiri di pusat kebugaran.

Saat ini, Doll menilai fisik pemain-pemainnya belum mencapai tahap ideal, namun dia maklum lantaran semua pemain baru menjalani jeda kompetisi.

Baca juga: Thomas Doll: Persija butuh pemain asing untuk tiga posisi

Pria berusia 56 tahun itu yakin situasi akan berubah seiring waktu.

“Pemain mesti bekerja keras baik sebelum, saat maupun sesudah latihan. Kami mempunyai banyak tugas mulai dari fisik, taktik, teori, praktik dan menganalisa rekaman video,” tutur Doll.

Persija berambisi kembali ke papan atas Liga 1 Indonesia setelah hanya menduduki posisi kedelapan musim lalu.

Riko Simanjuntak dan kawan-kawan sudah melakukan latihan perdana di lapangan Nirwana Park pada Senin (23/5) yang dipimpin langsung oleh Thomas Doll dan para asisten termasuk Pasquale Rocco.

Pada Rabu (25/5), latihan Persija berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB dan disaksikan oleh ratusan suporter Persija, The Jakmania, serta diikuti 18 pemain.

Baca juga: Thomas Doll pimpin latihan Persija begitu tiba di Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022