Platform ini bukan sekadar mengoneksikan, namun juga menjadi pusat layanan kesehatan 'home service', yang menjadi alternatif populer bagi masyarakat yang ingin melakukan layanan kesehatan, tanpa perlu datang ke klinik
Jakarta (ANTARA) - Platform digital DokterHub menawarkan layanan kesehatan di rumah (home service) sehingga masyarakat tidak harus datang ke klinik kesehatan secara fisik, terlebih masih dalam situasi pandemi COVID-19.

"Platform ini bukan sekadar mengoneksikan, namun juga menjadi pusat layanan kesehatan 'home service', yang menjadi alternatif populer bagi masyarakat yang ingin melakukan layanan kesehatan, tanpa perlu datang ke klinik," kata Medical Advisor DokterHub, dr Willy Setiawan di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan dengan layanan kesehatan ini juga efektif untuk menghindari macet di jalan, kepanasan, kerumunan saat mengantre untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau pengobatan.

"Jadi tenaga kesehatan yang akan datang ke rumah pelanggan yang membutuhkan layanan kesehatan," katanya.

Layanan tersebut lebih praktis, yakni tinggal membuka DokterHub.com atau mengunduh aplikasinya, lalu memilih layanan yang diinginkan, maka petugas kesehatan akan datang.

"Tentunya mereka semua sudah divaksin dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat," katanya.

Platform yang berpusat di Jakarta, yang sebelumnya bernama Dokterlink itu, menyediakan berbagai macam pelayanan #dirumahaja, mulai dari vaksinasi, tes usap (swab) antigen dan PCR, infus, suntik vitamin, layanan perawatan ibu dan bayi, perawatan "nursing", hingga khitan/sunat.

Layanan khitan yang disiapkan pun juga bermacam-macam, di mana yang paling banyak biasanya khitan "powerlem" di rumah, karena minim rasa sakit, dan bisa langsung beraktivitas.

Sementara untuk vaksinasi, ada macam macam vaksin, seperti vaksin influenza 4 strain, yaitu virus Influenza tipe A (H3N2, H1N1) dan Influenza tipe B (Victoria, Yamagata), serta vaksin meningitis yang biasanya digunakan untuk perjalanan religi seperti umrah dan haji, yang semuanya bisa daftar vaksin secara daring (online).

Bagi para orang tua baru juga bisa dilayani dengan layanan ibu dan bayi, berupa pijat bayi, "baby gym", pijat laktasi, perawatan bayi baru lahir, dan lainnya.

Ia menambahkan DokterHub sudah dipercaya oleh banyak figur publik seperti Ayu Ting Ting, Ita Purnamasari, Vicky Prasetyo, Rizal Armada, Helmy Yahya, dan lainnya.

Pelayanan kesehatan di rumah seperti DokterHub disebutkan harganya terjangkau, seharga pelayanan di klinik, namun sudah bisa mendapatkan layanan "home service".

Selain itu, DokterHub juga tidak memberikan minimal orang sehingga jika per rumah hanya satu orang saja tetap bisa melayani.

Bahkan bagi yang tinggal di wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi bagi tenaga medis yang datang alias gratis.

"Bukan hanya di rumah, tapi bisa di mana saja, termasuk gedung perkantoran, sekolah atau bahkan ajang kegiatan," katanya.

Saat ini layanan yang ada, kata Willy Setiawan, masih terbatas di wilayah Jabodetabek saja.

Namun, diharapkan di masa yang akan datang bisa melayani seluruh masyarakat di Indonesia.

Baca juga: Kemenkes berharap layanan digital mudahkan masyarakat akses pengobatan

Baca juga: Cek kepesertaan JKN-KIS, BPJS Kesehatan sediakan layanan digital

Baca juga: Pemanfaatan teknologi di sektor kesehatan akan terus tumbuh

Baca juga: COVID-19 percepat perkembangan layanan kesehatan digital


 

Pewarta: Budhi Santoso
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022