Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut , dalam upaya memacu inovasi berbasis teknologi dan digital serta mengimbangi perkembangan yang kian pesat implementasi Hospitable Spirit bidang pelayaran, meluncurkan Navigation in Digital World atau Nadiworld.

"Nadiworld lahir seiring dengan semangat hospitable spirit dan kebijakan pemerintah dalam menyikapi perkembangan teknologi digital serta perkembangan globalisasi," kata Direktur Kenavigasian Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Hospitable spirit merupakan hasil buah pemikiran bersama yang dirumuskan oleh para duta pelayanan publik di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang memiliki makna jiwa yang melayani dengan hati, ramah, hangat, bersahabat, melalui penerapan Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun (5S) secara konsisten.

Program ini bertujuan agar segenap jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut baik di Kantor Pusat maupun di seluruh Unit Pelaksana Tugas (UPT) di daerah dapat terus meningkatkan pelayanan publik yang prima sebagai wujud nyata kita dalam memenuhi sasaran reformasi birokrasi.

Nadiworld yang digagas oleh Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Tanjung Priok merupakan salah satu inovasi di bidang kenavigasian yang bertujuan untuk mengawal keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Raymond Sianturi menjelaskan pemanfaatan teknologi digital, pada sejumlah sistem dan aplikasi, Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok meningkatkan kewaspadaan, kemanfaatan data dan informasi yang dikelola dalam pengoperasian Stasiun Radio Pantai dan Stasiun VTS.

"Nadiworld ini juga dapat memudahkan pelaksanaan pelaporan, monitoring kinerja, dan kecepatan respon dalam penyelenggaraan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran serta pelayanan Telekomunikasi Pelayaran khususnya yang berimplikasi pada Penerimaan Negara Bukan Pajak," ujarnya.

Peningkatan pelayanan ini akan terus bergulir. Pengembangan dan penyempurnaan sistem pun dilaksanakan secara konsisten seiring dengan perkembangan maupun kebutuhan pelayanan," ujarnya.

Dia menegaskan, inovasi ini merupakan buah dari semangat yang merasuk dalam URAT NADI Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok dan seluruh jajarannya, yang bersama-sama terus meningkatkan ragam maupun kualitas pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi digital.

"Hal ini direpresentasikan dengan deklarasi Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok yang menyatakan Untuk Rakyat Navigasi Digital Kupersembahkan, URATNADIKU," ujarnya.

Upaya-upaya ini semua dilakukan untuk masyarakat khususnya masyarakat maritim dan dunia pelayaran. Manfaat maksimal dari sistem dan pelayanan yang disiapkan oleh pemerintah melalui Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok hanya dapat dicapai melalui komitmen bersama.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022