Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (25/5), mulai dari pembukaan Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) 2022 di Bali hingga Ketua DPR meminta pemerintah menyiapkan strategi yang matang terkait rencana pencabutan PPKM.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Presiden Joko Widodo bunyikan kulkul Bali buka GPDRR 2022

Presiden Joko Widodo beserta menteri, kepala badan, dan sejumlah pejabat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membunyikan alat komunikasi tradisional masyarakat Bali kulkul saat membuka Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) ke-7 di Bali, Rabu (25/5).

Pemukulan kulkul itu tidak hanya menjadi tanda peresmian pembukaan "Global Platform for Disaster Risk Reduction", tetapi juga sebagai kesempatan bagi Indonesia memperkenalkan kearifan lokal masyarakat Bali dalam penanggulangan bencana.

Selengkapnya baca di sini.

Mahfud MD: Penempatan pati TNI sebagai penjabat kada dibenarkan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan penempatan perwira tinggi (pati) TNI aktif sebagai penjabat kepala daerah tidak salah.

"Soal penempatan TNI sebagai penjabat kepala daerah, itu oleh undang-undang, peraturan pemerintah, maupun oleh vonis MK (Mahkamah Konstitusi) itu dibenarkan," kata Mahfud dalam tayangan video yang diterima wartawan di Jakarta, Rabu (25/5).

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi terima kunjungan kehormatan Wapres Zambia di Bali

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Zambia WK Mutale Nalumango di Badung, Bali, Rabu, untuk membahas kerja sama kedua negara dalam bidang ekonomi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam keterangan pers daring yang disaksikan di Jakarta, Rabu, mengatakan pertemuan tersebut berlangsung setelah acara pembukaan Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) ke-7 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Rabu (25/5).

Selengkapnya baca di sini.

Panglima TNI jamin pengamanan IKN maksimal

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menjamin pengamanan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur diupayakan secara maksimal.

"Intinya harus kita buat maksimal pengamanan ibu kota baru," kata dia, di Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, Rabu (25/5).

Selengkapnya baca di sini.

Ketua DPR: Harus ada strategi matang terkait rencana pencabutan PPKM

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mempertimbangkan rencana pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan menyiapkan strategi yang matang.

“Perlu ada strategi yang matang dan komprehensif mengenai rencana pencabutan PPKM agar tidak menimbulkan euforia berlebihan di tengah masyarakat,” kata Puan di Jakarta, Rabu (25/5).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022