hadirnya komunitas ini bisa mengurangi permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya para penderita dan keluarga
Makassar (ANTARA) - Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Pendidikan Ilmu Kesehatan Anak Berkelanjutan Makassar (Pijar) membentuk komunitas Perhimpunan Anak Autoimun Sulawesi Selatan (PAASS).

Peresmian komunitas berlangsung secara luring di RS Unhas Gedung A Lantai 3 Departemen Ilmu kesehatan Anak, Kampus Unhas Tamalanrea Makassar, Sulsel, Kamis.

Ketua Panitia dr Bahrul Fikri, SpA MKes PhD, menjelaskan penyakit autoimun pada anak kian meningkat dengan rata rata usia paling banyak remaja.

Baca juga: BRIN kunjungi Unhas bahas pengembangan riset dan inovasi PT

Penyakit ini pada dasarnya belum dapat disembuhkan, namun untuk mengurangi komplikasi dapat dilakukan dengan terapi dan minum obat. Hal ini memberi dampak bagi pasien maupun keluarga dalam segala aspek seperti beban sosial dan ekonomi.

"Kami berharap hadirnya komunitas ini bisa mengurangi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya para penderita dan keluarga," katanya

"Terima kasih kami ucapkan atas segala dukungan yang diberikan hingga pembentukan komunitas PAASS dapat terlaksana. Semoga ini menjadi wadah bagi kita semua untuk memberikan kontribusi terbaik," sambung dr Bahrul.

Baca juga: MWA Unhas setujui pembukaan Prodi Doktor Ilmu Lingkungan

Ketua Departemen Ilmu Kesehatan Anak Dr dr Aidah Juliaty A Baso, SpA(K) SpGK, menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan dan keterlibatan berbagai pihak dalam menghadirkan komunitas ini.

Departemen Ilmu Kesehatan Anak memiliki 14 divisi, dan telah menjalin kemitraan dengan berbagai institusi, baik dalam maupun luar negeri.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FK Unhas Prof Dr dr Haerani Rasyid, SpPD KGH SpGK, dalam sambutannya memberikan apresiasi inisiatif Departemen Ilmu Kesehatan Anak.

Baca juga: Rektor Unhas: Diperlukan peningkatan SDM hadapi perubahan iklim

"Langkah ini berkontribusi dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama kami. Perhimpunan yang dihadirkan merupakan wujud Tridarma  Perguruan Tinggi dan kami sangat apresiasi ini," jelas Prof Haerani.

Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc., secara resmi membuka PAASS. Dalam sambutannya, ia mengatakan kehadiran komunitas ini menjadi bukti nyata bahwa Unhas selalu terdepan menawarkan solusi bagi masyarakat. Pembentukan komunitas ini penting untuk penguatan kepada para generasi muda.

"Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang akan berperan di masa mendatang. Untuk itu, dukungan dan motivasi diperlukan sebagai penguat bahwa mereka bisa meraih mimpi dan cita-citanya," ujarnya.

Baca juga: Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Unhas 2022 terapkan prokes ketat

Baca juga: Unhas-Pemprov Kaltara kerja sama kembangkan tri darma perguruan tinggi

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022