Tokyo (ANTARA) - Saham-saham di bursa Tokyo ditutup beragam pada perdagangan Kamis, dengan saham semikonduktor melemah, meskipun ekuitas terkait transportasi naik karena Jepang berencana untuk lebih melonggarkan kontrol perbatasan COVID-19.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) turun 72,96 poin atau 0,27 persen, menjadi 26.604,84 poin. Sementara itu, indeks Topix yang lebih luas naik tipis 1,00 poin atau 0,05 persen, menjadi berakhir pada 1.877,58 poin.

Pialang di Tokyo mengatakan bahwa saham-saham chip membebani sejak awal, dan meskipun pandangan optimis Federal Reserve AS terhadap ekonomi dalam risalah terakhir pertemuan kebijakan moneternya, kekhawatiran tetap ada.

"Kerugian saham terkait chip membebani pasar sejak pagi ini, dan akibatnya kenaikan di maskapai penerbangan dan pembukaan kembali saham lainnya gagal mengangkat pasar," kata Shigetoshi Kamada, manajer umum di departemen riset di Tachibana Securities.

"Dengan tidak adanya katalis penggerak pasar domestik, investor mencari isyarat dari luar negeri. Bahkan ketika mereka mencerna risalah Fed, investor tidak yakin apakah ekonomi AS akan membaik ke depan," kata Kamada.

Namun demikian, kerugian dibatasi, para dealer mengatakan karena investor menyambut rencana pemerintah Jepang untuk menaikkan batas pada wisatawan asing yang datang ke Jepang, dengan langkah meningkatkan prospek peningkatan bisnis di sektor perjalanan dan pariwisata.

"Pasar Jepang tidak memiliki arah karena terbebani oleh volatilitas saham AS baru-baru ini sementara didukung oleh harapan bahwa lebih banyak kegiatan ekonomi akan dilanjutkan setelah tindakan pencegahan COVID-19 semakin berkurang," Yutaka Miura, analis teknis senior di Mizuho Securities Co. mengatakan.

Di antara saham semikonduktor yang melemah, Advantest jatuh 3,6 persen, sementara Tokyo Electron turun 2,4 persen. Sementara itu, pembuat robot industri Fanuc berakhir turun 2,2 persen.

Saham-saham terkait transportasi menguat, dengan Japan Airlines naik 2,2 persen, sementara ANA Holdings bertambah 1,9 persen. Operator kereta api East Japan Railway juga naik 2,5 persen pada penutupan.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022