Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setempat menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Umel Mandiri dalam rangka mendukung program merdeka belajar kampus merdeka.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Kamis, MoU dengan STMIK Umel Mandiri kali ini tentang pelaksanaan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung industri 4.0 dan program merdeka belajar kampus merdeka atau MBKM.

Baca juga: Anak asli Papua dilatih instalasi infrastruktur telekomunikasi

“Pada prinsipnya, kami sangat terbuka dan menjadi rumah bersama untuk siapa saja yang mau melakukan kolaborasi penyebarluasan informasi bahkan kegiatan-kegiatan pemberdayaan teknologi informasi komunikasi (TIK) di wilayah Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya kini sudah membangun ruangan laboratorium komputer di Distrik Nimboran. Hal itu juga bagian dari kerja-kerja pengabdian kampus yang akan berkolaborasi dengan komunitas TIK, Pace Mace Admin TIK (Pemantik) maupun relawan TIK serta dari akademisi.

"Apalagi program kampus merdeka merdeka belajar ini sudah langsung betul-betul mulai dari tingkat paling bawah," katanya.

Baca juga: Wilayah terdepan distrik Airu terkoneksi internet program Kominfo

Ia mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan STMIK Umel Mandiri lima tahun lalu atau pada 2017,

"Kali ini yang ketiga kalinya untuk perpanjangan kerja sama dengan STMIK Umel Mandiri,” katanya.

Dia menambahkan bahwa selain dengan STMIK Umel Mandiri, kerja sama teknik informatika atau IT juga telah dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta itu di antaranya Universitas Cenderawasih, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), Universitas Muhammadiyah Papua, Universitas Yapis Papua, STIE Otto Geisler serta SMA/SMK dan Balai Latihan Kerja (BLK).

Baca juga: Pemkab Jayapura berencana kemas ulang legenda Papua dalam bentuk komik

"Jadi, kami sudah sering melakukan kerja sama dengan teman-teman perguruan tinggi,” ujarnya.

Pelaksanaan MoU antara Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura dan STMIK Umel Mandiri berlangsung di ruang rapat Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (25/5).

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022