Beijing (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Beijing, China, meraih penghargaan dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) atas keaktifannya dalam menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan kepada para tenaga pengajar.

KBRI Beijing menduduki peringkat pertama kantor perwakilan pemerintah RI di luar negeri dalam kategori mitra teraktif UNY, mengungguli KBRI Tokyo dan Konsulat Jenderal RI di Jeddah.

Penghargaan tersebut diberikan bersamaan dengan acara puncak peringatan Dies Natalis Ke-58 UNY di Performance Hall Fakultas Bahasa dan Seni UNY yang juga diikuti oleh beberapa Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di luar negeri secara daring.

"Pemberian penghargaan ini diharapkan memacu kinerja agar terus meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi," kata Atdikbud KBRI Beijing Yaya Sutarya, Kamis.

Dalam satu tahun terakhir, KBRI Beijing telah melatih lebih dari 2.000 guru, dosen, dan kepala sekolah di Indonesia dalam bidang kepemimpinan, kejuruan, dan pelatihan bahasa Mandarin.

"UNY mitra strategis KBRI Beijing. Bersama UNY, kami membuka kursus Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia. Bahasa Jawa telah menjadi peminatan khusus bagi mahasiswa perguruan tinggi di China yang mempunyai program studi Bahasa Indonesia," kata Yaya. 

Baca juga: KBRI Beijing ingatkan pelajar Indonesia tenang, patuhi prokes
Baca juga: KBRI Beijing dorong lembaga kejuruan China kerja sama dengan poltek
Baca juga: KBRI Beijing ingatkan 1.376 pelajar Indonesia tingkatkan kewaspadaan

 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022