Saya pastinya harus bermain lebih baik di babak selanjutnya, karena ini akan semakin sulit
Jakarta (ANTARA) - Daniil Medvedev masih memiliki masalah dengan tenis lapangan tanah liat, tetapi petenis nomor dua dunia itu melaju ke babak ketiga French Open dengan kemenangan 6-3 6-4 6-3 atas petenis Serbia Laslo Djere, Kamis waktu setempat.

Petenis Rusia, yang mencapai perempat final di Roland Garros tahun lalu setelah empat kali tersingkir pada babak pertama berturut-turut itu kesulitan untuk bergerak di permukaan yang lambat, tetapi elastisitasnya akhirnya menutupi kekurangan kemampuan alaminya itu.

"Sejujurnya saya pikir saya bermain lebih baik di babak pertama," kata Medvedev dikutip dari Reuters.

"Saya pastinya harus bermain lebih baik di babak selanjutnya, karena ini akan semakin sulit. Sekali lagi, saya tidak akan berbohong, saya lebih memilih lapangan keras."

"Saya tidak bisa benar-benar membuat bola melayang di udara dengan cepat. Saya hanya mencoba memukulnya, kemudian lari, lari, lari."

"Jadi di situlah saya pikir itu bisa lebih baik, karena sekali lagi, semakin baik, semakin tangguh para pemain, semakin sedikit mereka meleset dan semakin banyak saya harus berlari dan semakin sulit," ujar Medvedev.

Medvedev mengalami break di set pertama, tetapi pertahanannya yang brilian membantunya bangkit untuk kedua kalinya di Court Philippe Chatrier.

Dia selanjutnya akan bertemu unggulan ke-28 Miomir Kecmanovic dari Serbia.

Baca juga: Medvedev tak terlalu yakin juarai French Open

Medvedev, yang memenangi US Open tahun lalu dan menjadi runner-up di Australian Open musim ini, tiba di French Open dengan hanya satu pertandingan di lapangan tanah liat setelah menjalani prosedur untuk mengobati hernia pada April.

Serangkaian kesalahan sendiri yang dilakukan Medvedev pada awal pertandingan memberi Djere istirahat di gim pertama, tetapi Medvedev menaikkan performa untuk memenangi lima gim berturut-turut dan mengambil kendali pertandingan.

Petenis Rusia itu melakukan break dengan meyakinkan untuk kedudukan 5-4 pada set kedua dan tidak ada peluang untuk bangkit lagi bagi petenis nomor 56 dunia Djere, yang tersingkir pada match point pertama ketika dia melakukan pukulan backhand.

Kemenangan Medvedev dinikmati oleh penonton Roland Garros, yang menjadikannya salah satu favorit mereka karena kemampuannya berbicara bahasa Prancis yang hampir fasih.

Dalam wawancara tepi lapangan usai memenangi pertandingan bersama juara tiga kali Roland Garros, Mats Wilander, Medvedev mengaku beruntung bisa lolos dengan kemenangan straight set.

"Hari ini dia (Djere) memainkan tenis lapangan tanah liat yang mungkin lebih baik, tetapi saya berhasil bermain lebih baik pada poin-poin penting," kata pemain berusia 26 tahun itu.

"Ini sangat sulit. Saya mencoba membuatnya bermain sedikit lebih banyak. Mungkin dia mengalami kram atau cedera."

Baca juga: Tsitsipas susah payah lewati Kolar menuju babak ketiga French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022