di Jakarta E Prix, tidak ada sponsor dari perusahaan bir
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Taufik Zoelkifli menyebutkan khusus di Jakarta, ajang balap mobil listrik Formula E tidak ada sponsor bir karena pro dan kontra jelang pelaksanaan pada Sabtu (4/6).

"Jadi, di Jakarta E Prix, tidak ada sponsor dari perusahaan bir," katanya di Jakarta, Jumat.

Anggota Komisi B DPRD DKI itu menyebutkan penyelenggara di Jakarta yakni Pemprov DKI dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) meminta kepada Formula E Operation (FEO) selaku penyelenggara global untuk tidak menyertakan sponsor tersebut.

Namun, ia tidak menjelaskan lebih detail apakah tidak menyertakan logo sponsor bir atau juga mencakup dukungan finansial yang tidak disertakan di Formula E Jakarta.

Padahal, perusahaan bir dengan warna hijau dan bintang merah itu merupakan sponsor FEO global yang melekat di setiap ajang balap mobil listrik di seluruh dunia.

Baca juga: Hargai kreasi negeri, pengunjung Ancol antusias terhadap Formula E

Taufik menambahkan berdasarkan penjelasan Direktur Pelaksana Formula E Jakarta Gunung Kartiko yang menuturkan bahwa pihak FEO memahami dan menyetujui tidak ada sponsor dari perusahaan bir itu khusus penyelenggaraan di Jakarta.

"Untuk Jakarta E Prix, penyelenggara di Jakarta (Pemda dan Jakpro) meminta agar tidak mengikutsertakan Heineken menjadi sponsor di Jakarta. Menurut Pak Gunung, mereka (FEO) bisa mengerti dan menyetujuinya," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni menegaskan terkait sponsor bir, hal itu merupakan sponsor global dari Formula E Operation (FEO).

"Itu minuman di global, global itu langsung pusat FEO yang punya, untuk di dalam negeri, lokal partnernya beda," ucapnya di Jakarta, Kamis (26/5).

Mengingat sponsor global, maka pihaknya tidak bisa ikut campur.

Baca juga: Panitia: Biaya penyelenggaraan Formula E Jakarta sekitar Rp130 miliar

"Bukan urusan di dalam negeri. Masa urusan mereka kami ikut campur?" ucapnya.

Apabila mencermati laman di fiaformulae.com, sponsor bir dengan warna hijau dan bintang merah itu menjadi salah satu mitra Formula E global.

Selain bir, ada juga sponsor dari maskapai penerbangan, merek jam tangan hingga perusahaan jasa ekspedisi internasional.

Sedangkan sponsor untuk Formula E di Jakarta masih sama dengan sponsor secara global, namun ada tambahan logo Jakpro dan Jakarta Kota Kolaborasi.

Sahroni menambahkan sudah ada dukungan dana dari salah satu grup perusahaan hiburan sebesar Rp100 miliar sebagai bagian sponsor.

Baca juga: Mobil Formula E bakal dipamerkan di Bundaran HI

Sebelumnya, sponsor bir ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta disorot pegiat media sosial Denny Siregar melalui cuitan di akun twitternya @Dennysiregar7.

"Ada merek bir sebagai sponsor Formula E," tulis Denny Siregar pada Rabu (25/5) yang mendapat ribuan komentar.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022