Jember  (ANTARA News) - Tiket kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif di wilayah Daerah Operasi (Daop) IX Jember habis terjual hingga 31 Desember 2011 karena bertepatan dengan musim liburan sekolah, libur Natal, dan Tahun Baru 2012.

"Kami sudah tidak bisa melayani pemesanan tiket secara langsung di sejumlah stasiun karena tiket sudah terjual habis hingga akhir tahun ini," kata Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IX Jember, Gatut Sutiyatmoko, Rabu.

Beberapa tiket KA yang terjual habis, yakni KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta, KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang, dan KA Mutiara Timur kelas bisnis dan eksekutif jurusan Banyuwangi-Surabaya.

Menurut Gatut, tiket sejumlah kereta terjual habis sebelum hari keberangkatan karena penumpang bisa memesan tiket KA jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

"Penumpang KA kelas ekonomi bisa memesan atau membeli tiket tujuh hari sebelum hari keberangkatan, sedangkan penumpang kelas bisnis dan eksekutif bisa membeli tiket 40 hari sebelum hari keberangkatan," katanya menjelaskan.

Kendati demikian, lanjut dia, petugas bisa melayani pembelian tiket secara langsung, asalkan ada penambahan gerbong di masing-masing KA sesuai dengan kapasitas daya angkut rangkaian kereta.

"Kalau ada penambahan gerbong di rangkaian KA, petugas akan membuka penjualan tiket secara langsung. Namun, kami tidak bisa menjanjikan kepada penumpang akan ada penambahan gerbong setiap hari," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa PT KAI menerapkan kebijakan penumpang kereta kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi jarak jauh menggunakan nomor tempat duduk, sehingga tidak ada penumpang yang berdiri demi kenyamanan pengguna jasa KA.

"Kebijakan itu diterapkan sejak 1 Oktober 2011, sehingga tidak ada lagi penumpang yang berdesak-desakan di dalam kereta. Kalau tempat duduk di dalam kereta sudah penuh, maka petugas tidak akan melayani penjualan tiket lagi," katanya menambahkan.

Salah seorang warga Jember, Husaini, mengaku kecewa karena tidak mendapatkan tiket untuk hari keberangkatan Kamis (29/12).

"Hari ini saya datang ke stasiun Jember untuk membeli tiket KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto untuk besok, namun tiket sudah habis hingga 31 Desember 2011. Saya kecewa tidak bisa dapat tiket," tuturnya. (PSO-070)

Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2011