tokoh bangsa yang luar biasa
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak masyarakat meneladani dan meneruskan perjuangan almarhum mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif dalam membangun bangsa.

"Tugas kami untuk meneruskan segala perjuangannya, meneladaninya, tokoh bangsa yang luar biasa," kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Riza mengenang sosok cendekiawan Muslim, Buya Syafii Maarif sebagai orang yang cerdas dan bersahaja serta berintegritas luar biasa.

"Kami turut berduka cita atas meninggalnya Pak Syafii semoga husnul khotimah, diampuni segala dosa dan diterima segala ibadahnya," ucap Riza.

Baca juga: Anwar Abbas kenang Buya Syafii sebagai tokoh yang tak haus kekuasaan

Sebelumnya, Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat ini pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada Jumat 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir melalui keterangan tertulis di Yogyakarta.

Buya Syafii dikabarkan dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Kabupaten Sleman sejak 14 Mei 2022.

Sementara itu, Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping dr Ahmad Faesol mengatakan Buya Syafii sempat mengeluhkan sesak napas.

Baca juga: Airlangga Hartarto: Buya Syafii Bapak bagi rakyat Indonesia

Sebelumnya, pada Maret 2022, Buya Syafii juga sempat dirawat rumah sakit yang sama karena mengalami serangan jantung ringan.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022