penghargaan yang didapat berkat kesadaran akan K3 yang sangat tinggi
Kendari (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi menerima empat penghargaan pada ajang penganugerahan penghargaan Kesehatan, Keselamatan dan Ketenagakerjaan (K3) tahun 2022, kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Pejabat Pengendali Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lingkungan, dan Keamanan pada PLN UIP Sulawesi Muh. Pahri M. Jafar dalam rilis yang diterima di Kendari, Jumat mengatakan, penghargaan terkait kesadaran K3 kepada perusahaan karena dinilai nihil kecelakaan serta mampu mencegah penanggulangan COVID-19.

"Jadi bentuk penghargaan itu diserahkan di Jakarta sejak 24 Mei 2022 yang disaksikan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauzia dan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker & K3) Haiyani Rumondang," ujarnya.

Ia mengatakan, ajang penganugerahan tersebut PLN UIP Sulawesi berhasil membawa pulang 4 penghargaan yaitu 2 penghargaan untuk Kantor Unit Induk dan 2 untuk Unit Pelaksana Proyek di bawah PLN UIP Sulawesi yakni UPP Sulawesi Utara dan UPP Sulawesi Tenggara.

"Dari 4 kategori yang ada kami berhasil mendapatkan 2 kategori, yakni Perusahaan yang dinyatakan layak untuk menerima penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award). dan Perusahaan penerima penghargaan program Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19," sebut Pahri.

Baca juga: Menaker anugerahi 15 gubernur sebagai Pembina K3 terbaik
Baca juga: PGE raih sembilan penghargaan K3 dari Kementerian Ketenagakerjaan

Ia menambahkan 2 penghargaan yang diterima oleh 2 UPP dalam kategori Perusahaan yang dinyatakan layak untuk menerima penghargaan kecelakaan nihil. Penghargaan ini dinilai selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2019 - 2021 tidak mengalami kecelakaan kerja.

"Semoga penghargaan ini akan terus didapatkan dengan begitu tidak ada sama sekali kecelakaan kerja. Penghargaan yang didapat berkat kesadaran akan K3 yang sangat tinggi, hal ini merupakan apresiasi dari pemerintah untuk pegawai di lingkungan PLN UIP Sulawesi," tuturnya.

Jumlah perusahaan yang mendapatkan penghargaan nihil kecelakaan tahun 2021 ada 1.268 perusahaan dan pada tahun 2022 ini meningkat 1.742 perusahaan berarti meningkat 37,4 persen.

Baca juga: Menaker: Upaya terus dilakukan untuk tingkatkan pelaksanaan K3

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022