Semoga beliau diberikan tempat paling terpuji bersama orang-orang saleh
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR Puan Maharani yang juga mewakili keluarga besar Megawati Soekarnoputri menyampaikan duka cita atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif.

"Saya atas nama pribadi, Ketua DPR, dan mewakili keluarga besar Megawati Soekarnoputri menyampaikan duka cita atas wafatnya Buya Syafii Maarif," ucap Puan di sela-sela acara Festival Kopi Tanah Air di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat.

Doa pun disampaikan khusus untuk Buya Maarif.

"Semoga beliau diberikan tempat paling terpuji bersama orang-orang saleh," demikian bunyi doa yang disampaikan.

Foto Buya Syafii pun muncul di backdrop acara, selama doa dipanjatkan hingga Puan selesai menyampaikan belasungkawanya.

Seluruh yang hadir di lokasi Festival menundukkan kepala dan ikut berdoa.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pun merasa kehilangan sosok mantan Ketua PP Muhammadiyah Syafii Maarif (Buya Syafii) sebagai cendekiawan yang rendah hati.

Buya Syafii meninggal dunia, Jumat (27/5) sekitar pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.

"Ibu Megawati sungguh merasa kehilangan sosok negarawan yang menjadi cermin kecendekiawanan, sosok saleh yang rendah hati, sosok yang menjadi bagian kekuatan moral bangsa dan memberikan keteladanan dalam etika hidup berbangsa dan bernegara," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat.

Megawati dan keluarga besar PDI Perjuangan mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Buya Syafii.

"Ketika kami menyampaikan berita wafatnya Buya ke Ibu Megawati Soekarnoputri, beliau terisak sangat sedih. Buya Syafii sosok yang menjadi sahabat Ibu Megawati, dan bersama-sama di BPIP," kata Hasto.

Atas wafatnya Buya Syafii, lanjut dia, Megawati memberikan arahan agar seluruh Keluarga Besar PDI Perjuangan untuk memberikan penghormatan terbaik kepada Buya Syafii dengan mendoakan semoga almarhum wafat dalam keadaan husnulkhatimah dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022