Pasar saham global menuju kenaikan mingguan pertama dalam 8 pekan

Pasar saham global menuju kenaikan mingguan pertama dalam 8 pekan

Ilustrasi: Seorang berjalan di layar pergerakan Bursa Jepang (ANTARA/Reuters)

Investor lega tidak ada petunjuk (kenaikan) 75 basis poin
London/Beijing (ANTARA) - Pasar saham global menuju kenaikan mingguan pertama mereka dalam delapan pekan pada Jumat, karena prospek laba perusahaan yang lebih optimis sementara dolar mencapai posisi terendah satu bulan setelah risalah Federal Reserve (Fed) menyiratkan bank sentral dapat mengerem kenaikan suku bunga yang cepat akhir tahun ini.

Prospek laba AS yang optimis semalam dari operator department store Macy's Inc dan rantai diskon Dollar General Corp dan Dollar Tree mendorong saham.

Risalah Fed dari pertemuan Mei yang dirilis pada Rabu (25/5/2022) mengkonfirmasi dua kenaikan 50 basis poin masing-masing pada Juni dan Juli, tetapi pembuat kebijakan juga mengindikasikan potensi jeda di akhir tahun.

"Semuanya mengalir dari risalah FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal)," kata Kepala Analis Mata Uang HYCM, Giles Coghlan.

"Investor lega tidak ada petunjuk (kenaikan) 75 basis poin."

Coghlan menambahkan pasar akan fokus pada indeks harga PCE (indeks pengeluaran konsumsi pribadi) inti April untuk Amerika Serikat yang akan dirilis pada Jumat waktu setempat untuk tanda-tanda lebih lanjut apakah inflasi sedang memanas.

Indeks ekuitas dunia MSCI naik 0,38 persen. Itu menuju kenaikan 3,2 persen pada minggu ini dan pemulihan hampir 6,0 persen dari posisi terendah 18-bulan yang ditetapkan dua minggu lalu.

S&P berjangka datar setelah Dow Jones Industrial Average naik 1,61 persen, S&P 500 naik 1,99 persen, dan Komposit Nasdaq melonjak 2,68 persen pada Kamis (26/5/2022).

Baca juga: IHSG akhir pekan menguat tajam, kembali tembus angka 7.000

Saham Eropa mencapai level tertinggi 10 hari dan naik 0,18 persen. FTSE Inggris turun 0,23 persen dari tertinggi tiga minggu hari sebelumnya.

Saham Hong Kong naik 2,7 persen setelah pertumbuhan pendapatan kuartal pertama yang lebih baik dari perkiraan dari Alibaba dan Baidu. Saham Asia juga diuntungkan dari harapan menstabilkan hubungan China-AS dan lebih banyak stimulus pemerintah China.

Amerika Serikat tidak akan menghalangi China untuk menumbuhkan ekonominya, tetapi ingin mematuhi aturan internasional, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan pada Kamis (26/5/2022) dalam sambutannya bahwa beberapa investor menafsirkan positif untuk hubungan bilateral.

Nikkei Jepang naik 0,7 persen, indeks asaham blue-chips daratan China naik 0,2 persen, dan indeks Australia bertambah 1,1 persen.

Ayunan sentimen mendorong dolar ke posisi terendah satu bulan terhadap indeks mata uang, jatuh 3,2 persen dari tertinggi 20 tahun yang dicapai awal bulan ini. Euro mencapai tertinggi satu bulan dan naik 0,11 persen.

Harga minyak bertahan di dekat level tertinggi dua bulan, dengan minyak mentah Brent di jalur untuk lompatan mingguan terbesarnya dalam 1,5 bulan, didukung oleh prospek larangan Uni Eropa terhadap minyak Rusia dan musim mengemudi musim panas AS yang akan datang.

Baca juga: Minyak siap untuk kenaikan mingguan, dipicu naiknya konsumsi bensin AS

Harga minyak mentah AS naik tipis 0,08 persen menjadi diperdagangkan di 114,20 dolar AS per barel. Brent naik 0,28 persen menjadi diperdagangkan di 117,73 dolar AS per barel.

Imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun turun menjadi 2,7468 persen. Imbal hasil telah mencapai tertinggi tiga tahun 3,2030 persen awal bulan ini di tengah kekhawatiran kenaikan cepat dari Fed mungkin merusak pertumbuhan jangka panjang.

Imbal hasil obligasi dua tahun, yang naik bersama ekspektasi pedagang atas suku bunga dana Fed yang lebih tinggi, melemah menjadi 2,4678 persen dibandingkan dengan penutupan 2,4888 persen.

"Secara keseluruhan, penurunan tekanan nyata," kata analis di ING dalam sebuah catatan.

Imbal hasil obligasi 10-tahun Jerman turun menjadi 0,982 persen.

Emas spot menguat 0,43 persen menjadi diperdagangkan di 1.857,79 dolar AS per ounce.

Baca juga: IHSG akhir pekan menguat tajam, kembali tembus angka 7.000

Baca juga: IHSG Jumat pagi dibuka naik 64,72 poin


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar