Jakarta (ANTARA) - Para juri di persidangan kasus defamasi aktor Johnny Depp dan Amber Heard akan mulai membuat pertimbangan setelah enam pekan mendengarkan testimoni dan barang bukti dari hubungan mereka yang memburuk.

Bintang "Pirates of the Caribbean" itu menuntut Heard sebesar 50 juta dolar AS, mengatakan sang mantan istri menodai namanya ketika mengklaim dia adalah korban kekerasan domestik dalam artikel yang ditulisnya di The Washington Post. Heard balas menuntut 100 juta dolar AS, mengatakan Depp menodai namanya karena menyebutnya pembohong.

Baca juga: Australia minta Johnny Depp pulangkan anjingnya

Pengacara dari kedua belah pihak akan menyampaikan argumen penutup, Jumat, sebelum juri membuat keputusan. Bila juri belum menghasilkan vonis pada Jumat malam, mereka akan berkumpul lagi pada Selasa, kata hakim Penney Azcarate dikutip dari Reuters.

Dalam kesaksiannya, Depp membantah memukul Heard atau perempuan lain dan mengatakan justru Heard yang melakukan kekerasan dalam hubungan mereka. Keduanya bertemu saat syuting film "The Rum Diary" pada 2011 dan menikah pada Februari 2015. Pernikahan mereka resmi berakhir dua tahun kemudian.

Selama persidangan yang memakan waktu enam pekan, para juri mendengarkan rekaman perselisihan Johnny Depp dan Amber Heard, melihat barang bukti berupa foto jari Depp yang penuh darah serta mendengarkan argumen tentang tinja yang ditemukan di kasur pasangan tersebut.

Baca juga: Anjing Johny Depp diduga dibunuh Pemerintah Australia

Depp mengatakan Heard melempar botol vodka yang membuat ujung jarinya terputus saat mereka bertengkar pada 2015. Heard membantahnya, dan menuduh Depp melakukan pelecehan seksual malam itu dengan botol minuman keras.

Depp mengatakan dia yakin Heard atau temannya meninggalkan tinja di kasur pada pagi setelah pertengkaran yang terjadi pada ulang tahun Heard ke-30. Heard membantah, dia mengatakan kotoran itu adalah tahi anjing mereka.

Masalah yang diangkat dalam sidang ini adalah artikel opini yang ditulis Heard di Washington Post. Artikel itu tak menyebut nama Depp secara eksplisit, tapi pengacara mengatakan jelas bahwa Heard merujuk kepada Depp ketika menulis dia adalah "figur publik yang mewakili kekerasan domestik".

Depp, salah satu bintang ternama di Hollywood, mengatakan tuduhan Heard membuatnya kehilangan "segalanya". Film "Pirates" ditunda dan peran Depp di "Fantastic Beasts", sempalan "Harry Potter", diganti oleh aktor lain.
​​​​​​
Baca juga: Tips bugar bagi pemudik hingga fakta menarik sidang Amber Heard

Baca juga: Pengacara Johnny Depp ragukan kesaksian Amber Heard

Baca juga: "Justice For Johnny Depp" muncul setelah pengakuan Amber Heard

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022