Jakarta (ANTARA) - Sutradara kawakan Jepang Hirokazu Kore-eda, yang berkompetisi untuk penghargaan bergengsi festival film Cannes, mengatakan dia merasakan beban sukses karena semua aktor Korea yang ia arahkan mungkin membuat iri sutradara Korea.

Setelah memenangi Palme d'Or pada 2018 untuk film "Shoplifters", Kore-eda kembali lagi ke Cannes dengan film "Broker", mengisahkan praktik kontroversial kotak bayi tempat menaruh bayi yang tak diinginkan.

Baca juga: Sutradara "Shoplifters" akan buat film adaptasi komik "Maiko House"

Dia memilih Korea Selatan sebagai lokasi setelah bertemu dengan sejumlah aktor papan atas Negeri Ginseng, dan mereka yang bermain di filmnya adalah aktor-aktor super populer.

Jajaran para bintang itu meliputi Song Kang-ho yang bermain di film "Parasite", Gang Dong-won dari "Peninsula", Bae Doona yang pernah bekerja bersama Kore-eda dalam film "Air Doll", serta penyanyi Lee Ji-eun alias IU.

"Saya tahu saya punya pemeran yang sangat bergengsi, dan teknisi terbaik negeri tersebut, dan itu bisa membuat sutradara-sutradara Korea sedikit iri," kata Kore-eda kepada AFP dikutip Jumat.

"Artinya kalau filmnya gagal atau tidak sesuai ekspektasi penonton, tentu saja itu salah saya. Saya pernah berkelakar bahwa ini membuat saya terbebani, tapi saya kira itu ada benarnya."

Baca juga: Sutradara Hirokazu Kore-eda sebut "Broker" jadi proyek film impian

"Broker" menceritakan kotak bayi di mana para ibu bisa secara anonim membuang bayi mereka untuk menghindari stigma dan kesulitan menjadi orangtua tunggal di masyarakat yang menganut patriarki.

Mereka yang sering ditempatkan di panti asuhan kemudian akan bertanya-tanya, sebagai bayi yang tak diinginkan, mungkin lebih baik mereka tak dilahirkan.

Song Kang-ho menarik perhatian dunia lewat "Parasite", film bahasa asing pertama yang menang Film Terbaik Oscar.

Sudah lama dia menjadi aktor favorit para sutradara Korea, dengan pengalaman akting segudang mulai dari pendeta yang berubah jadi vampir hingga raja era Joseon yang membuat anaknya mati kelaparan.

Dalam "Broker", dia berperan sebagai pria yang menemukan bayi terlantar dan menawarkan diri untuk mencarikannya keluarga baru, sebagai cara mendapatkan uang.

Aktris dan bintang K-pop IU berperan sebagai ibu muda yang membuang bayinya.

Salah satu artis K-pop paling sukses di generasinya mendapat pujian atas penampilannya di serial drama "My Mister".

Di tengah ketegangan antara Korea Selatan dan Jepang, Kore-eda terus menjalin hubungan baik dengan para aktor Korea, mengejutkan banyak pihak saat mengunjungi Festival Film Internasional Busan 2019 di tengah perang dagang.


Baca juga: Film "Broker" diprediksi tayang perdana di Festival Film Cannes 2022

Baca juga: IU hingga Song Kang Ho akan bintangi film baru Hirokazu Kore-eda

Baca juga: Sutradara "Shoplifter" Hirokazu Kore-eda akan buat film Korea

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022