ini harus segera diperbaiki
Mamuju (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Barat Inspektur Jenderal Polisi Verdianto I Bitticaca meminta agar jalur Trans Sulawesi di wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene yang terdampak longsor segera diperbaiki.

"Saya minta agar jalur Trans Sulawesi ini segera diperbaiki," kata Kapolda Sulbar, saat meninjau jalan penghubung antara Kabupaten Mamuju dan Majene, di Desa Takandeang, Jumat.

Kedatangan Kapolda tersebut untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan Trans Sulawesi, pasca-longsor dan banjir menerjang beberapa kawasan di Kabupaten Majene dan Mamuju setelah kawasan itu sepanjang Kamis (26/5), dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

Pada kesempatan itu, Kapolda menyampaikan kepada perwakilan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional dan pihak kontraktor untuk segera memperbaiki kondisi tanah yang longsor dari pekerjaan jalan yang sudah dikerjakan.

Baca juga: Longsor tutup trans-Sulawesi di Majene
Baca juga: Longsor putus poros Mamasa-Mamuju

Apalagi menurut Kapolda, jalur Trans Sulawesi yang terdampak longsor tersebut masih dalam tahap pemeliharaan hasil pekerjaan.

"Ini harus segera diperbaiki untuk mengantisipasi tanah di belakangnya yang sudah longsor, turun kemudian mendorong tanah di depannya, mengakibatkan tertutupnya akses jalan Mamuju-Majene. Apalagi situasi dan cuaca sekarang curah hujan masih tinggi," tegas Verdianto.

Kapolda juga menyatakan, telah memerintahkan Kapolresta Mamuju segera melakukan misi kemanusiaan, monitoring dan mengevakuasi warga yang terdampak bencana serta berkoordinasi dengan pihak terkait agar mengambil langkah cepat penanganan bencana.

"Kami sudah perintahkan Kapolres dan meminta perwakilan Dinas PU agar secepat mungkin melakukan langkah penanganan dan misi kemanusiaan bagi para korban utamanya bagi pengguna jalan Trans Sulawesi ini," tegas Verdianto.

Baca juga: Longsor macetkan Trans Sulawesi Mamuju - Majene

Pewarta: Amirullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022