Himpuni akan terus mengambil bagian dalam membangun bangsa. Kontribusi nyata akan terus kita berikan, baik berupa sumbangsih pemikiran maupun karya-karya konkrit di tengah masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) siap berperan aktif menyukseskan perhelatan G20 dan T20 melalui program-program berkelanjutan.

"Himpuni akan mengambil bagian dalam G20 dan T20 nanti," kata Sekretaris Jenderal Presidium Himpuni Irawati Hermawan, dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Melalui Think 20 (T20), Irawati yang juga Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung mengharapkan bisa menghasilkan rekomendasi-rekomendasi penting yang akan digunakan di G20.

Koordinator Presidium Himpuni Sutopo Kristanto memastikan bahwa Himpuni akan mengambil bagian dalam pembangunan bangsa.

"Himpuni akan terus mengambil bagian dalam membangun bangsa. Kontribusi nyata akan terus kita berikan, baik berupa sumbangsih pemikiran maupun karya-karya konkrit di tengah masyarakat," katanya.

Tak hanya itu, pengembangan potensi dari para alumni juga akan terus dilakukan, salah satunya bekerjasama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Khususnya, kata Sutopo yang juga Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu, bagi para alumni yang ingin meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Hal lain yang juga mendapat perhatian dari Himpuni adalah bagaimana membangun jejaring para alumni lintas PTN secara lebih konkrit, baik dalam aspek bisnis maupun sosial.

"Himpuni memiliki potensi besar, sehingga melalui jejaring yang meluas diharapkan mampu mendukung stabilitas bangsa," kata Suherman, Ketua Badan Eksekutif Himpuni dan Sekjen IKA UNJ.

Sementara itu, Akhmad Muqowam selaku anggota Presidium Himpuni dan Ketua Umum IKA Undip mengatakan ikatan batin yang kuat antarsesama alumni PTN akan dapat menciptakan peluang-peluang baru yang bisa menjadi pilot project di Indonesia.

Presidium Himpuni periode 2022-2025 baru saja dikukuhkan, dan melantik Badan Eksekutif dan Badan Pekerja Himpuni periode yang sama.


Baca juga: Menko PMK dorong Himpuni urun ide dalam kebijakan pemerintah
Baca juga: IKA Unair-Himpuni sasar 5.000 orang ikuti vaksinasi COVID-19
Baca juga: Milad ke-4, Himpuni pertegas konsolidasi bakti bagi negeri

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022