Honiara (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare  mengatakan China telah menjadi mitra kerja sama terbesar Kepulauan Solomon dalam infrastruktur dasar dan mitra pembangunan yang andal.

Pernyataan itu dilontarkan Sogavare saat berbicara dengan Anggota Dewan Negara sekaligus Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada Kamis (26/5).

Sogavare juga mengungkapkan terima kasih kepada China karena telah menyediakan pasokan antipandemi, peralatan tes cepat, dan mengirim tim medis ke negaranya.

Dia juga mengapresiasi pihak China yang mengerahkan perbekalan kepolisian dan penasihat polisi untuk membantu menjaga ketertiban sosial Kepulauan Solomon pascakerusuhan di Honiara.

Kepulauan Solomon dan China telah melakukan kerja sama atas dasar perlakuan yang setara serta sikap saling menghormati, dan hubungan di berbagai bidang menjadi semakin erat, sehingga membawa manfaat nyata bagi masyarakat Kepulauan Solomon, kata sang PM.

Sementara itu, Wang mengatakan pihak China menghargai tekad kuat Kepulauan Solomon untuk menjaga kepentingan nasional, keinginan kuat untuk mengembangkan kerja sama persahabatan China-Kepulauan Solomon dan mematuhi kebijakan Satu China. China juga tegas mendukung upaya-upaya Kepulauan Solomon untuk menjaga kemerdekaan kedaulatan nasional, melindungi persatuan dan solidaritas nasional, serta mempercepat realisasi kemakmuran nasional di jalan yang dipilih oleh negara tersebut.

Wang menuturkan meski hubungan diplomatik belum lama terbentuk, perkembangan hubungan bilateral antara kedua negara telah sehat, stabil dan cepat.

China dan Kepulauan Solomon telah menjadi teman yang baik untuk saling percaya dan mitra yang baik untuk saling mendukung, dengan kepercayaan politik antara kedua negara semakin dalam dan kerja sama pragmatis semakin meluas, katanya.

Terbukti bahwa keputusan politik Kepulauan Solomon untuk menjalin hubungan diplomatik dengan China sejalan dengan perkembangan dan kemajuan zaman serta kepentingan fundamental dan jangka panjang masyarakat Kepulauan Solomon, ujar Wang.

China siap bekerja dengan Kepulauan Solomon untuk menjalin hubungan yang "solid", dan memperdalam kerja sama antara kedua belah pihak sehingga dapat memberi manfaat kepada rakyat mereka, tambah Wang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022