hujan intensitas ringan berpotensi terjadi di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang hari
Jakarta (ANTARA) - Beberapa wilayah Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai dengan lebat termasuk hampir seluruh provinsi di Pulau Jawa pada Sabtu, menurut peringatan dini cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dikutip berdasarkan peringatan dini di situs BMKG dari Jakarta, Sabtu, hujan lebat berpotensi turun di wilayah Provinsi Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Baca juga: BMKG Makassar prediksi cuaca tiga hari ke depan membaik

Sementara hujan dengan intensitas yang lebih ringan diprakirakan akan turun di wilayah Aceh, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua Barat.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta pada hari ini, hujan intensitas ringan berpotensi terjadi di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang hari.

Untuk kota besar lain di Indonesia, hujan intensitas sedang dapat terjadi di Bandung dan Kendari pada siang hari dan Surabaya serta Medan pada malam hari.

Baca juga: Kepala BMKG tawarkan lima rumusan bangun ketangguhan holistik

BMKG juga memperingatkan sejumlah provinsi masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti terjadinya banjir yaitu Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Kategori waspada juga berlaku pada hari ini untuk wilayah di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: BMKG: 4 wilayah di Sulut berpotensi terdampak gelombang tinggi dan rob

Baca juga: BMKG: Sebagian Indonesia dominan cerah berawan hingga hujan ringan

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022