Jakarta (ANTARA) - Diva musik pop Vina Panduwinata mengajak anak muda untuk mengemas ulang lagu-lagu yang dianggap lawas serta belajar untuk menghargai lagu-lagu tersebut.

Baca juga: Plataran Indonesia akan gelar konser All Star Legends

Hal itu ia ungkapkan di sela-sela penampilannya di BNI Java Jazz Festival 2022 pada Jumat (27/5) malam di panggung BNI Hall (D2), Jakarta International Expo Kemayoran.

“Jadi Mama Ina mengajak juga anak-anak muda. Walaupun lagu jadul, kalian harus belajar untuk menghargai,” kata perempuan yang akrab disapa Mama Ina itu, kemudian disambut tepuk tangan oleh penonton.

“Kalau terasa nikmat dan asik, coba lagu jadul yang kalian bilang itu pakai versi kalian saja,” sambungnya.

Di atas panggung Java Jazz, Vina ditemani empat pemusik antara lain Yankjay Nugraha (gitar), Rio Ricardo (keyboard), Iqbal atau yang dikenal sebagai Yoiqball (drum), serta Fajar Adi Nugroho (bas).

Baca juga: Rumpies hidup kembali, Yuni Shara hingga Vina Panduwinata reunian

Kepada penonton, Vina menunjukkan bagaimana ia mampu berkolaborasi dengan keempat pemusik yang usianya relatif lebih muda jika dibandingkan dirinya.

Ia mengatakan dirinya juga mencoba untuk menghargai anak-anak muda tersebut dengan musik mereka walau terkadang dirinya kerap kebingungan agar nyanyiannya selaras.
Penyanyi Vina Panduwinata saat tampil di BNI Java Jazz Festival 2022 pada Jumat malam (27/5/2022) di panggung BNI Hall (D2), JIExpo Kemayoran, Jakarta. (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)


Vina menjadi pengisi acara paling akhir di antara musisi lainnya dalam perhelatan festival musik jazz tahunan itu. Ia dijadwalkan naik ke atas panggung sekitar pukul 22.45 hingga menjelang dini hari. Malam itu, Vina tampil mengenakan gaun silver, tampak selaras dengan pembawaan riang khasnya.

“Pada malam-malam gini nggak pada ngantuk? Pertanyaannya Mama Ina kemarin ini, ‘Lah, kok tua-tua dikasihnya malam-malam nyanyinya’. Oh, rupanya kalian pada tahu lagunya Mama Ina,” kata Vina yang disambut tepuk tangan lagi dari penonton.

Baca juga: Vina Panduwinata sajikan aransemen khusus dalam The 90's Festival

Vina membawakan deretan lagu-lagu populernya dibuka dengan lagu “Logika”, kemudian “Dia”, “Biru”, “Cinta”, “Burung Camar”, “Aku Makin Cinta”, “Seperti Mati Lampu”, dan ditutup dengan “Surat Cinta”.

Menuju tengah malam, barisan kursi dalam Hall D2 itu semakin terisi dan dipadati hingga baris belakang oleh penonton. Mereka bersemangat menyaksikan aksi penyanyi yang dijuluki "Si Burung Camar" itu. Para penonton pun kompak ikut bernyanyi ketika Vina memandu mereka.


Baca juga: Cara Vina Panduwinata jaga eksistensi karir

Baca juga: Vina Panduwinata di mata Addie MS

Baca juga: Vina Panduwinata bakal tampil di Senggigi Jazz Festival

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022