Jakarta (ANTARA) - Festival Film Cannes memang dikhususkan untuk para penggemar film dan mengetahui siapa saja sineas berbakat yang telah menciptakan karya menarik bertaraf kelas dunia.

Namun di samping acara itu, ada juga acara unik yang mencuri sorotan panggung seperti Penghargaan tahunan "Palm Dog".

Acara ini memang secara khusus diciptakan untuk para anjing yang tampil di layar lebar membuat suasana sebuah film lebih hidup.

Melansir Reuters, Kamis, di 2022 Palm Dog Ceremony kemenangan diraih oleh seekor anjing ras pudel bernama Britney yang tampil di film debut sutradara Riley Keough "War Pony".

Di dalam film, Britney tampil sebagai anjing bernama Beast dan menjadi anjing yang paling dicintai pemiliknya.

Ia pun berhasil menyabet kalung emas namun tidak bisa menerimanya secara langsung sehingga diwakilkan oleh anjing pudel lainnya yang disiapkan tampil "edgy" menerima penghargaan itu.
Julieta, seekor Pudel Standar, menerima penghargaan Palm Dog atas nama anjing bernama Beast dalam film "War Pony" di Festival Film Cannes ke-75, Jumat (27/5/2022). ANTARA/REUTERS/Eric Gaillard/am.


Riley Keough dan sutradara pendampingnya Gina Gammell dalam video penerimaan yang diputarkan mengaku turut berbangga karena salah satu karakter film mereka bisa menerima penghargaan ini.

Tidak hanya manusia, anjing dari segala bentuk ukuran hingga ras yang pernah tampil di acara- acara film dan TV populer rupanya meramaikan upacara unik ini.

Mereka memenuhi pantai di sepanjang kawasan Croisette yang ditumbuhi pohon palem untuk memeriahkan penghargaan anjing yang terbilang bergengsi di kelasnya.

Secara historis, Upacara Palm Dog sudah ada sejak 2001 diinisasi oleh jurnalis film Toby Rose untuk mengapresiasi anjing- anjing yang tampil di layar lebar.

Selain pemenang utama, ada juga pemenang "Palm DogManitarian" sebuah penghargaan khusus untuk merayakan keberadaan anjing yang memiliki ikatan kuat dengan manusia.

Untuk tahun ini, "DogManitarian" dianugerahi pada seekor anjing terrier Jack Russell bernama Patron yang berasal dari Kyiv, Ukraina.
Opium mewakili Patron menerima penghargaan Palm Dogmanitarian dalam acara Palm Dog Ceremony. Patron berhasil menggunakan hidungnya melacak bom di konflik yang terjadi di Ukraiana. ANTARA/REUTERS/Eric Gaillard/am.




Patron berhasil melacak bom dengan hidungnya dan menyelamatkan banyak nyawa karena membantu manusia mengagalkan bom itu meledak.

Sama seperti Britney, Patron tak bisa hadir langsung ke Festival Film Cannes namun ia diwakili oleh anjing bernama Opium yang memiliki perawakan mirip untuk menerima
"Dogmanitarian".

Penghargaan baru ditambahkan juga untuk tahun ini bernama "Elvis Palm Hound Dog" – sebuah penghargaan untuk film biografi "Elvis" karya Baz Luhrmann.

Pemenangnya adalah seekor anjing kampung bernama Titane dengan moncong yang tajam dan telinga yang lancip, demikian Reuters dikutip Sabtu.



Baca juga: Priscilla Presley menangis saat premier film "Elvis di Cannes

Baca juga: Raline Shah hadiri Festival Film Cannes 2022

Baca juga: "Top Gun: Maverick", misi terakhir yang memacu adrenalin

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022