Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi perikanan terintegrasi asal Indonesia Aruna menyosialisasikan adopsi teknologi digital bersama nelayan di Raja Ampat, Papua Barat.

Sosialisasi tersebut merupakan kolaborasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada Kominfo yang telah mendukung kami dalam kegiatan ini. Kami berharap dengan adanya kolaborasi ini, nelayan Aruna semakin termotivasi dan semakin ter-upgrade level pengetahuan mereka tentang teknologi digital, khususnya teknologi Aruna. Kami juga ingin mereka semakin kenal dan tahu manfaat dari teknologi Aruna dan juga kami harapkan ke depannya mereka dapat semakin familiar dan mampu menggunakan teknologi Aruna dengan baik," kata Utari Octavianty, Chief Sustainability Officer & Co-founder Aruna dalam keterangan resmi pada Sabtu.

Baca juga: Wamendag lepas ekspor olahan rajungan senilai 500 ribu dolar AS

Aruna sebagai sebuah perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia yang berkomitmen untuk meringkas rantai pasok produk perikanan dengan menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar global melalui teknologi, melalui kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya Kominfo dalam mengedukasi masyarakat akan teknologi digital khususnya bagi nelayan Aruna.

Pemerintah berupaya mengoptimalisasi potensi dan produktivitas UMKM dengan mendorong digitalisasi bagi UMKM yang masih berjualan secara luring.

Ada 13 kawasan yang menjadi prioritas kami untuk meningkatkan kemampuan (scale up) adopsi teknologi digital 4.0 di tahun 2022 ini yakni Sumatra Utara, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Papua dan Papua Barat.

Upaya Kominfo saat ini sejalan dengan fokus Aruna. Aruna dibantu oleh Yayasan Maritim Nusantara Lestari selalu konsisten untuk mengedukasi nelayan Aruna agar mereka memahami manfaat dan kegunaan dari teknologi khususnya teknologi yang Aruna kembangkan.

Teknologi Aruna mengedepankan sustainability, traceability dan supply chain dalam proses bisnis. Melalui teknologi Aruna, Aruna mampu meringkas proses supply chain yang panjang sehingga berdampak pada kepastian harga jual yang aman dan adil bagi nelayan.

Baca juga: Aruna hadiri Pra-KTT III Y20 Indonesia G20

Baca juga: Ekonomi biru dongkrak perekonomian melalui investasi & teknologi

Baca juga: Aruna Indonesia wakili Asia Tenggara pada Google I/O 2022

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022