Baru pada tahun ini peringatan HLUN disebar serentak di 36 kecamatan di Tasikmalaya
Tasikmalaya (ANTARA) - Penduduk di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sibuk mempersiapkan pelaksanaan puncak peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) 2022 yang jatuh pada Minggu (29/5).

"Baru pada tahun ini peringatan HLUN di Indonesia tidak terpusat dalam satu tempat, melainkan disebar secara serentak di 36 kecamatan di Tasikmalaya," kata Kepala Sentra Gau Mabaji UPT Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Subhan Kadir, di Tasikmalaya, Sabtu sore.

Kementerian Kesehatan RI menggelar telah menetapkan Kabupaten Tasikmalaya sebagai lokasi puncak peringatan puncak peringatan Halun 2022.

Kegiatan tersebut ditandai dengan beragam aksi sosial seperti rehabilitasi rumah tidak layak huni, bantuan sosial berupa pengobatan dan sembako, layanan perekaman KTP elektronik, hingga bantuan kewirausahaan.

Jelang puncak peringatan HLUN 2022, berbagai elemen masyarakat Tasikmalaya bahu membahu melakukan persiapan kegiatan acara. Salah satu kesibukan masyarakat tampak di Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong.

Panitia kegiatan dari petugas kantor desa bersama penduduk setempat bergotong royong memperbaiki salah satu rumah milik Yayah (61) yang sedang dalam proses renovasi atap dan dinding bangunan.

Sejumlah ibu rumah tangga dari kalangan pralansia turut membantu mendistribusikan genteng rumah. Sementara kaum bapak mengerjakan pemasangan genteng serta memperbaiki tembok bangunan bertipe 36 itu.

Baca juga: Ellyas Pical raih penghargaan lansia berprestasi

Baca juga: Kemensos hadirkan layanan Atensi pastikan hak lansia terpenuhi
Sejumlah penduduk di Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya bahu membahu memperbaiki rumah penduduk yang tidak layak huni jelang peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) 2022, Sabtu (28/5/2022). (ANTARA/Andi Firdaus)

"Alhamdulillah rumah saya sudah tidak bocor lagi dan sudah ada kamar mandinya di dalam rumah," kata Yayah.

Janda empat anak itu sangat bersyukur rumah yang selama lima tahun terakhir terbengkalai, diperkirakan sudah bisa kembali ditempati besok.

Selain memperoleh bantuan perbaikan bangunan rumah, Yayah juga berhak atas bantuan sosial berupa perabotan seperti satu set kasur, lemari pakaian dan perangkat makan.

Kesibukan lainnya juga tampak di Kompleks SMK Plus Al Hasanah di Kecamatan Gunung Tanjung dan di Kantor Kecamatan Puspahiang.

Panitia, petugas terkait dibantu Tagana dan pilar-pilar sosial bahu membahu menyiapkan berbagai kelengkapan. Di antaranya pemasangan peralatan teleconference dan TV 50 inchi dan sound.

Tampak tenda juga sudah berdiri lengkap dengan karpet dengan dekor, backdrop, meja kursi untuk tamu, undangan dan pendamping.

Lokasi tersebut merupakan bagian dari titik-titik aktivitas pelaksanaan Peringatan HLUN 2022. Berbagai persiapan telah dilakukan di antaranya pemasangan umbul-umbul di titik-titik strategis yaitu jalan utama kecamatan, dan lokasi kegiatan.

Di Kantor Kecamatan Puspahiang, akan dihadirkan sebanyak 309 lansia. Mereka akan menerima layanan yang dibagi menjadi 3 pos yaitu Pos Pelayanan Kesehatan, Pos Pelayanan Pengurusan E-KTP, Pemberian Bantuan Sosial serta senam lansia.

Di sini, akan diberikan bantuan ATENSI dari Sentra Budhi Perkasa Palembang berupa bantuan kewirausahaan, perabot rumah tidak layak huni dan dua ekor kambing. Bantuan Kebutuhan Dasar dan Nutrisi seperti beras, minyak goreng, sarden, sandang, susu, dan vitamin C sebanyak 304 paket. Bantuan Aksesibilitas seperti kursi roda, alat bantu dengar, tongkat ketiak 24 paket.

Di SMK Plus Al Hasanah akan menghadirkan 250 lansia. Mereka akan menerima layanan kesehatan, pelayanan E-KTP, dan pelayanan vaksin COVID-19.

Pada saat acara diberikan bantuan Atensi yakni nutrisi dan sandang 250 paket, kaca mata tujuh set, kursi roda adaptif 16 unit, kursi roda standar 40 unit, alat bantu dengar 18 set, tongkat jalan 24 batang, walker lima set, dan isian hunian rumah tidak layak huni satu paket, dengan total bantuan senilai Rp548.705.000.

Diserahkan pula bantuan kearifan lokal Rp50 juta berupa usaha kelompok paguyuban lansia produktif berupa ternak ikan, ternak itik.

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga ikut meninjau jalannya persiapan peringatan puncak HLUN 2022 di Tasikmalaya.


Baca juga: Hari Lanjut Usia Nasional, Kemensos tekankan peran penting keluarga

Baca juga: Wamenkes dorong perhatian khusus untuk orang lanjut usia

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022